POPULAR STORIES

Ini Rute Reli Dakar 2022, Total Lebih Dari 8.000 Km!

Ini Rute Reli Dakar 2022, Total Lebih Dari 8.000 Km! Sumber Foto : Dakar

KabarOto.com – Pihak penyelenggara Reli Dakar, Amaury Sport Organisation (ASO) telah mengumumkan rute Reli Dakar 2022 yang bakal digelar di Arab Saudi pada 1-14 Januari mendatang.

Musim 2022, pihak ASO dan FIA sepakat untuk membuat terobosan baru. Untuk Reli Dakar musim mendatang menjadi pembuka Kejuaraan Dunia Reli Cross-Country dan termasuk agenda reli jarak Panjang FIM.

“Saya mencoba membuat rute yang seimbang. Saya menyimpak seksi yang paling rumit di akhir. Etape 11 bagi saya paling kompleks dengan banyak bukit pasir. Kuncinya adalah navigasi. Di Edisi sebelumnya, kami menguji para amatir. Namun, sekarang juga akan diterapkan untuk para pembalap top sesuai dengan regulasi Kejuaraan Dunia” ungkap David Caster selaku Direktur Reli Dakar.

Baca juga: Toyota GR Hilux Ganti Mesin, Siap Hadapi Reli Dakar

Untuk musim 2022 mendatang, para peserta harus menyelesaikan 12 special stage (SS) dalam dua pekan. Mengingat trek yang berbahaya dan sangat melelahkan, mereka diberi kesempatan beristirahat satu hari di Riyadh. Jarak yang harus ditempuh semua pereli di semua kategori adalah 8.375 km, di mana waktu tempuh 4.258 km diperhitungkan karena masuk dalam SS, sisanya merupakan sesi pengubung.

Seperti biasa, sesi Prolog dilangsungkan sejauh 19 km di Jeddah, pada 1 Januari. TItik awal SS dimulai dari Ha’il di keesokan harinya. Etape pertama ini masih berada di kota yang sama dengan rute sejauh 334 km. Lalu, rombongan menuju Al Artawiyah dari Ha’il, jaraknya tidak jauh dengan SS1. Karena sektor ini termasuk marathon, maka pereli dan navigatornya hars mandiri dan tidak boleh menerima bantuan dari kru.

Etape marathon berlanjut di hari keempat, dari Al Artawiyah ke Al Qaisumah yang terpisah sekitar 554 km. Berikutnya, mereka bertolak ke Riyadh dengan jarak 465 km, yang merupakan jarak terpanjang. Kota tersebut menjadi tuan rumah sesi SS6 dan SS7, dengan masing-masing jaraknya berbeda yakni 348 km dan 421 km. setelah itu, pereli bisa istirahat satu hari.

Baca juga: Carlos Checa Resmi Debut Di Reli Dakar 2022

Pada bagian kedua yang dimulai 9 Januari, para pereli akan menjelajahi rute Riyadh-Al Dawadimi sejauh 401 km. Etape 8 terbentang antara Al Dawadimi ke Wadi Ad-Dawasir sepanjang 394 km. peserta belum keluar dari Wadi Ad-Wasir saat SS9, 287 km. Mereka baru menuju Bisha sepanjang 374 km keesokan harinya.

Bisha menjadi tuan rumah etape ke-11 dengan jarak 345 km. Perjalanan menuju Jeddah sejauh 163 km yang akan menjadi penutup.

Memulai musim baru, tentu ada peraturan baru. Untuk musim 2022, para pereli yang gagal finis otomatis akan tereliminasi. Tetapi, mereka masih bisa melanjutkan balapan di keesokan harinya. Hanya saja, ada konsekuensi yang harus dihadapi yaitu penalty waktu sehingga mereka tidak bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara. Walaupun begitu, mereka masih bisa bertarung untuk kemenangan etape dan membawa pulang poin.

Berikut rute lengkap Reli Dakar 2022