POPULAR STORIES

Ini Sang Jawara Racing Simulator Festival

Ini Sang Jawara Racing Simulator Festival Foto: Harris Muhammad

KabarOto.com - Pradana Yogatama berhasil menjadi juara 1 Racing Simulator Festival di Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Sedangkan Arwin Taruna keluar sebagai juara kedua dan Ferris Stanley meski sempat kena penalti 10 detik menempati peringkat ketiga. Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa hadir untuk memberikan hadiah dan menutup kegiatan yang berlangsung 6 hari tersebut.

Menurut Rama, anggota komisi E-Sport, Racing Simulator Festival merupakan festival salah satu motorsport baru yaitu Digital Motorsport.

"Di festival ini kita mencoba memperkenalkan kepada masyarakat tentang Digital Motorsport. Dengan menggelar kompetisi yang diikuti banyak orang yang baru maupun pemain lama," ungkap Rama.

Sedang Rama cs selaku komisi Digital Motorsport melakukan edukasi bahwa ini tak sekadar bermain game bertema balapan.

Baca Juga: Keren, Bakal Ada Kejurnas Game Balap Simulator

"Namun juga dilakukan sesuai dengan kondisi di dunia nyata. Dari etika balap, rulea dan regulasi yang mengacu ke FIA dan IMI. Teknik yang digunakan di real life bisa diterapkan di dunia Digital Motorsport," lanjut Rama yang juga pembalap mobil sungguhan.

Untuk format balapan, digelar 5 hari, diadakan time attack untuk pengambilan waktu tercepat mencari Best 20. Lalu mereka bertanding di babak final pada hari Sabtu kemarin (30/3/2019).

Sebanyak 20 peserta itu dibagi menjadi 2 Bracket (10-10) secara pengundian, dan tiap bracket langsung diadu balapan, lalu tiap bracket diambil 5 terbaik. Lalu kelima terbaik masing masing bracket ini diadu lagi dalam balapan terakhir menentukan Juara 1, 2, 3.