POPULAR STORIES

Ini Sebab Mobil Modern Tak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan

Ini Sebab Mobil Modern Tak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan Mobil-mobil sekarang tak perlu dipanasi sebelum jalan berkat penggunaan sistem valve adjuster (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Ada perbincangan yang berkembang di kalangan pecinta otomotif khususnya roda 4, bahwa mobil 'zaman now' dibekali teknologi lebih canggih ketimbang mobil-mobil terdahulu.

Tentu saja jika menilik spek mesinnya yang sudah bekerja berdasarkan banyak sensor. Sebut saja pada sistem pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi, di mana ECU (engine control unit) mengatur seberapa banyak bensin keluar.

Ada satu hal lagi yang patut jadi perhatian, yakni mobil-mobil sekarang tak perlu melewati proses pemanasan mesin sebelum dijalankan. Semua tentu berkat teknologi yang ditanamkan.

Lantas, kenapa bisa demikian? Nirawansyah selaku Chief Mechanic bengkel Nusantara Motor, Jakarta Barat menjelaskan, mobil-mobil sekarang tak perlu dipanasi sebelum jalan berkat penggunaan sistem valve adjuster.

Baca Juga: Cuci Mesin Mobil Jangan Sembarangan, Ikuti Langkah Berikut

Berkat perangkat tersebut, oli tetap berada di bagian mesin paling atas sebelum ruang bakar. “Mobil modern tidak perlu dipanaskan seperti mobil-mobil karburator, starter langsung jalan. Karena mesin sekarang sudah ada valve adjuster yang menahan oli tidak langsung turun ke carter (penampungan),” ujar pria yang akrab disapa Wira tersebut kepada Kabaroto (10/7/2018).

Lebih jauh Wira pun menjelaskan, hal itu tentu berbeda jika mobil tersebut belum dilengkapi dengan valve adjuster. Dipastikan butuh pemanasan terlebih dahulu sebelum dibawa jalan.

“Mesin mobil yang belum dilengkapi valve adjuster perlu pemanasan dulu untuk melumasi mesin bagian atas. Karena ketika mesin mati daya gravitasinya enggak ada, jadi ketika baru dihidupkan, kondisi oli masih perlu dipompa dulu untuk sampai ke bagian atas dari tempat penampungan (carter),” tutupnya.