Inilah Sosok Jesko, Hypercar Dari Koenigsegg

 Inilah Sosok Jesko, Hypercar dari Koenigsegg

KabarOto.com – Koenigsegg turut memeriahkan Geneva Motor Show 2019, menghadirkan hypercar terbarunya yaitu Koenigsegg Jesko. Mobil ini dibuat mewarisi DNA dari Agera RS, yang berfokus pada penggunaan di track tapi tetap road legal.

Memiliki desain futuristik dengan baluran warna putih aksen strip hijau muda. Eksteriornya dibuat sedinamis mungkin, tidak banyak lekukan ekstrem.

Bumper memiliki airdam besar, yang berfungsi mendinginkan sistem pengereman, lalu terdapat lips karbon winglet, serta canard pada bagian ujung kanan –kirinya. Lampu utama sudah menggunakan LED dan terdapat DRL LED model huruf “A”, yang cantik saat lampu ini menyala.

Baca juga: Ferrari Perkenalkan F8 Tributo Di Ajang Geneva Motor Show 2019

Mobil ini memiliki atap landai dan desain seperti mobil Le Mans. Sisi kanan-kiri mobil ini juga dipikirkan matang-matang aerodinamikanya, dengan ditambahkan side skirt dan canard pada lubang udara mesin.

Lalu ada pelek model palang 5 ukuran belang, single PCD pada hypercar ini. Bagian depannya menggunakan diameter 20 inci lebar 9,5 inci dan bagian belakang 21 inci lebar 12 inci. Berbalut ban premium Michelin Pilot Sport Cup2 265/35R20 depan, dan 325/30R21 belakang. Adapula opsi tambahan menggunakan Michelin Pilot Sport Cup R.

Bagian belakang memiliki desain mirip Porsche Cayman, yang kita temui di lampu rem LED-nya. Serta penggunaan spoiler besar menempel pada kaca belakang. Terdapat juga bumper dengan centre muffler, diffuser 6 bilah besar demi memperbaiki aliran angin dari bagian kolong.

Jantung pacunya, Jesko diperkuat mesin berkonfigurasi V8, berkapasitas 5.000 cc twin turbo, menghasilkan tenaga 1.280 dk jika menggunakan bensin, dan 1.600 dk jika menggunakan Ethanol E85. Sementara torsi maksimalnya mencapai 1.500 Nm, yang disambung ke transmisi Koenigsegg Light Speed Transmission (LST) 9 percepatan, multi-clutch.

Baca juga: Generasi Akhir Mercedes-AMG S65 Hadir Dengan Mesin V12, Khusus Untuk Kolektor

Ruang kabin didominasi warna hitam. Penggunaan bahan premium tentunya sudah turut diaplikasikan pada panel-panel Jesko, mulai dari suede yang membalut seluruh dasbor, door trim, hingga setir. Beberapa bagian mengadopsi bahan karbon seperti panel AC, konsol tengah, handel pintu dan jok. Khusus untuk bagian jok tersebut, dibalut bahan suede untuk menambah kesan mewah.

Fitur kelengkapannya, ada layar head unit besar 9 inci yang disebut SmartCentre, head unit ini sudah support koneksi Bluetooth, Navigation system, custom lighting control, auto climate control, dan bisa memantau beberapa keterangan mobil seperti tire pressure, ESP, traction control, dan sebagainya.

Lengkapnya lagi, setir menggunakan model flat buttom berbahan karbon sudah dibalut suede, audio steering switch juga dipasang demi membantu pengendara mengontrol volume dan lagu dengan mudah, serta pengaturan cruise control.

Baca juga: Volkswagen Scirocco R Asal Kota Parahyangan Ini Targetkan Ubahan Drastis Di Mesin

Di balik setir, ada cluster speedometer kecil yang menunjukkan keterangan kecepatan, RPM, tenaga, torsi dan sebagainya. Lalu di belakang cluster tersebut ada benda seperti kompas berwarna hijau yang dinamakan Analogue-G untuk mengetahui tekanan G-Force.

Jesko akan diproduksi Koenigsegg dengan edisi sangat terbatas, yaitu hanya 125 unit. Lalu berapa harganya? Jesko dibanderol US$ 3 juta, atau sekitar Rp 42 miliar.

Bagaimana? Tertarik memboyong mobil ini ke garasi Anda? (Deddy Darmanto)