POPULAR STORIES

Ini Spesifikasi BMW M4 GT3 Andalan Sean Gelael Dan Valentino Rossi

Ini Spesifikasi BMW M4 GT3 Andalan Sean Gelael dan Valentino Rossi 24hSeries

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu Sean Gelael dan Valentino Rossi naik podium, menggunakan BMW M4 GT3 sebagai andalannya. Simak ulasan berikut perihal spesifikasi dari mobil andalan kedua pembalap tadi.

BMW M4 GT3 diproduksi pada bulan Oktober 2022 lalu sebagai persiapan untuk musim balap 2023. Mobil ini juga yang digunakan tim WRT dengan Sean Gelael dan Valentino Rossi, sebagai pembalap yang berhasil tuntaskan podium 3 di ajang balap Dubai 24 Hours.

Pihak BMW mengembangkan penerus BMW M4 GT3 seri awal, yang dianggap menjadi mobil balap yang sukses di lintasan.

Teknologi M4 GT3 klaimnya dikombinasikan dengan komponen dari model di atasnya M4 GT3. Basis mobil ini dibuat para insinyur BMW dengan fokus pada kinerja, keandalan, perawatan, dan efisiensi biaya.

Baca juga: Sean Gelael Dan Valentino Rossi Raih Podium 3 Di Dubai 24 Hours

Soal performa, BMW M4 GT3 yang memiliki basis BMW M4 Competition Coupe andalkan mesin P58 6 silinder segaris berkapasitas 2.993 cc disokong M TwinPower Turbo. Mesin tersebut klaimnya bisa memuntahkan tenaga 590 dk dan torsi 700 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan lewat transmisi tipe sekuensial 6 percepatan yang dikembangkan di BMW M8 GTE, yang diklaim bisa lebih mudah digunakan, biaya lebih murah dan performa kuat.

Kopling mobil tersebut menggunakan sistem electro-hydraulic untuk gigi rendah, dan pengoperasiannya menggunakan steering wheel-mounted paddle.

Selain itu, sistemnya sudah memakai stall prevention dan partially-automated start-up, sehingga bila terjadi masalah bisa segera masuk lagi ke lintasan.

Dimensi M4 GT3 memiliki panjang 5.020 mm, lebar 2.040 mm dan tinggi 1.308 mm. Jarak sumbu roda 2.917 mm. M4 GT3 lebih lebar 3 inci di tiap sisinya, tapi tetap dipertahankan lampu belakangnya serta bentuknya mengikuti alur bagasi.

Peleknya gunakan diameter 18 inci, dengan lebar tapak depan 12,5 inci dan belakang 13 inci. Ban tergantung dari kebutuhan tim dan sesuai lintasan yang akan ditaklukkan.

Baca juga: Rifat Sungkar Bicara Soal Kecelakaan Sean Gelael Dan Bamsoet

Kokpit BMW M4 GT3 ini sudah gunakan jok BMW M sesuai dengan standar FIA. Digunakan pula penyejuk kabin dengan sirkulasi udara memberikan kenyamanan pembalap. Sistem pendingin kabin ini diklaim 2 kali lebih kuat dari M6 GT3.

Lingkar kemudi, pedal, dan konsol tengah bisa disesuaikan. Layar kontrol bisa dipantau mudah dan disesuaikan sesuai dengan ergonomi pengendara, apalagi saat balap ketahanan.

Lingkar kemudi BMW M4 GT3 ini dikembangkan bersama dengan BMW Motorsport dan pembuat perangkat keras Fanatec, jadi untuk para pembalap simulator, bisa juga merasakan sensasi seperti balap menggunakan M4 GT3.