POPULAR STORIES

Ini Spesifikasi Motor Trail Beta RR 300 Dan Xtrainer 300

Ini Spesifikasi Motor Trail Beta RR 300 dan Xtrainer 300 Beta RR 300 dan Xtrainer 300

KabarOto.com - Beta Motorcycles merupakan produsen motor trail yang berbasis di Italia. Motor yang sudah menjuarai berbagai turnamen di dunia ini telah hadir di Indonesia untuk menyapa pencinta motor trail Tanah Air. PT Roma Motor Utama selaku distributor resmi membawanya dalam bentuk komponen dan dirakit di Indonesia. Beta yang dibawa ke Indonesia ini adalah Beta RR 300 dan Xtrainer 300.

Keduanya menggunakan mesin 2 stroke. Matteo Guerinoni CEO PT Roma Motor Utama mengatakan alasan dia membawa motor 2 stroke. Menurutnya banyak permintaan untuk motor 2 stroke, karena di Indonesia sendiri motor 4 stroke tidak begitu diminati oleh penggemar off-road di Indonesia.

"Motor 4 stroke jarang diminati untuk off-road, makanya kita bawa yang 2 stroke," terangnya di kantornya kawasan Serpong, Tangerang Selatan (13/2).

Baca Juga: Motor Trail 300 CC Asal Italia Berlabel Beta Hadir Di Indonesia

Beta RR 300

Stok yang dibawa Matteo pada tahun 2020 ini baru 16 unit, dan dia mengaku sudah ada yang memesan. Meluncurnya dua motor Beta RR 300 dan Xtrainer 300 ini membuka peta persaingan baru di segmen motor off-road berkapasitas 300 cc. Sebelumnya segmen ini dipegang oleh KTM dan Husqvarna. Matteo juga yakin, jika motor ini akan diminati pencinta off-road.

Beta RR 300 cocok bagi riders yang sudah terlatih atau profesional dalam mengendalikan dirtbike. Bisa dikatakan Beta RR 300 dihadirkan lebih kuat dan diperuntukkan bagi riders pro dalam olah raga motor enduro ataupun off-road.

Xtrainer 300

Sementara itu, Beta XTRAINER 300 memiliki karakter yang lebih soft. Meski sama-sama mengusung mesin 300 cc, motor ini masih lebih mudah dikendalikan. Bobotnya yang hanya 97 kilogram, diklaim sangat ringan bagi pemula.

Dilihat secara keseluruhan, dua motor tersebut nampak sama, suspensinya sudah dibekali model upside down, jenis USD hydraulic 48 mm untuk RR 300 Enduro, dan 43 mm untuk Xtrainer 300. Suspensi tersebut dipadukan dengan sokbreker bagian yang bisa diatur tingkat keempukannya.

Dibekali mesin berkapasitas 293,1 cc, berpendingin cairan 2-tak

Peleknya menggunakan bahan aluminium dengan ukuran roda mengunakan ring 21 inci untuk depan dan 18 inci untuk belakang. Tangki bensin motor enduro ini lebih besar, kapasitas tangki RR 300 sebesar 9,5 liter dan Xtrainer sebanyak 8,5 liter. Kenapa cukup besar, karena para pengguna enduro lebih melakukan perjalanan panjang di dalam hutan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk kehabisan bahan bakar selama berada di dalam hutan.

Oiya, motor ini juga dibekali dengan lampu utama. Tujuannya agar pencinta enduro atau yang biasa menerabas di jalur hutan bisa melihat jalur saat malam hari.

Suspensinya sudah dibekali model upside down, jenis USD hydraulic

Secara dimensi Beta 200 RR memiliki ukuran panjang 2.172 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.270 mm. Dua motor asal Italia ini memiliki jarak ke tanah 320 mm, dengan bobot kering 103,5 kg. Pun demikian dengan X Trainer punya dimensi yang sama, hanya bobotnya lebih ringan yakni, 99 kilogram.

Baca Juga: Jerry Hermawan Lo, Ketum JSI Kibarkan Bendera Start Motorcross Throttle Warriors

Kedua varian ini dibenamkan mesin berkapasitas 293,1 cc, berpendingin cairan 2-tak, dan masih menggunakan karburator milik Keihin PWK 36. Beta mengklaim tenaga yang dihasilkan lebih dari 40 dk dan dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan. PT Roma Motor Utama membanderol Beta 300 RR Rp 158 juta dan Beta Xtrainer 300 Rp 148 juta off the road. Pemesanan bisa langsung ke dealer Beta Motor Jalan Raya Buaran Park No. 8, Serpong, Tangerang Selatan.