POPULAR STORIES

Ini Sportcar Belanda Joop Donkervoort, Berani Tekuk Ferrari Dan McLaren

Ini Sportcar Belanda Joop Donkervoort, Berani Tekuk Ferrari dan McLaren Sumber Foto : Donkervoort

KabarOto.com – Perusahaan spesialis produsen mobil sport ringan dari Belanda meluncurkan produk terbaru mereka untuk merayakan 70 tahun sang pendiri yaitu Joop Donkervoort. Mobil edisi 70 tahun ini adalah Donkervoort D8 GTO-JD70.

Dari pihak Donkervoort sendiri klaim sebagai mobil pertama yang dapat berakselerasi hingga kecepatan 2G dan stabil di tikungan tajam, seperti pada mobil balap.

Baca Juga : Gran Turismo 7 Siap Menyapa Pecinta Game Balap Tahun Ini

Sportcar ini dibekali mesin dari Audi, 5 silinder berkapasitas 2.500 cc disokong turbocharger. Diklaim mampu menghasilkan tenaga 420 dk. Tenaga tersebut di salurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan.

Selain dari tenaganya yang besar, mobil ini memiliki bobot yang ringan sekitar 680-700 kg saja bergantung dari peralatan yang terpasang di mobil ini.

Dari mesin yang bertenaga dan bobot yang ringan, dari hasil tes mobil ini dapat melaju dari 0-100 kpj tuntas dalam 2,7 detik saja dan 0-200 kpj hanya 7,7 detik, Sob! Bila melihat data, Ferrari 812 Superfast, Ferrari Monza 2 hingga McLaren 720S Spider teetinggal 0,2 detik.

Bobot yang ringan tersebut, berkat 95% dari penggunaan bahan untuk dari serat karbon. Sasis tubular dari besi yang dilapis bahan karbon bertujuan untuk memperkuat dan dikombinasi alumunium.

Bagian kaki-kaki, suspensi double wishbone yang dapat diatur. Walaupun ringan, mobil ini tetap menggusung rem yang mumpuni dengan kaliper besar enam piston di untuk bagian depan saja, Donkervoort memberikan opsi kaliper enam piston untuk bagian belakang. Dalam keadaan standar mobil ini sudah di lengkapi dengan electric power steering dengan spesifikasi balap yang dapat diatur sesuai keinginan.

Baca Juga : Kia Sorento Sabet Penghargaan Sebagai Mobil AWD Terbaik

Demi melancarkan aliran angin, pada bagian depan menggusung desain ‘louver’ yang bertujuan untuk mengarahkan aliran angin saat kecepatan tinggi. Dan, diffuser belakang bertujuan memperoleh gaya tekan lebih baik. Selain itu, sistem pembuangan berada sisi samping mobil, tampilan lebih beringas namun tetap memiliki standar emisi EU6D.

Bicara soal harga mobil ini sangat mahal yaitu EUR141,677 atau setara Rp2,27 miliar, dan mobil ini hanya di produksi sebanyak 70 unit saja dan diklaim mobil ini sudah ludes terpesan pada akhir 2019.