POPULAR STORIES

Ini Syarat Untuk Tes Pramusim Dan Ajang Pembuka MotoGP Qatar 2021

Ini Syarat Untuk Tes Pramusim dan Ajang Pembuka MotoGP Qatar 2021 MotoGP Qatar 2019

KabarOto.com – Sebelum memasuki negara Qatar, semua anggota paddock tim termasuk pembalap harus bersiap menjalani proses karantina dalam bubble (gelembung) yang tidak boleh ditinggalkan selama berada di negara tersebut.

Sesuai protokol anti-Covid-19 yang bakal diterapkan, semua pihak akan menjalani isolasi gelembung selama satu bulan. Sirkuit Losail, Qatar akan menjadi tuan rumah untuk tes pramusim dan ajang pembuka MotoGP 2021. Dalam jadwal, tes pramusim dari tiga kategori kelas dan dua race pertama akan digelar di Sirkuit Losail.

Baca Juga : Pihak Penyelenggara MotoGP Jamin Seri Pembuka Sesuai Rencana

Beberapa anggota paddock MotoGP harus rela tinggal lebih dari satu bulan di Qatar, di mana antisipasi Covid-19 perlu tindakan ekstrem. Hingga saat ini, imbauan protokol kesehatan sudah dikomunikasikan kepada seluruh tim dan pembalap yang akan tampil. Protokol kesehatan ini sama persis dengan ajang gelaran Tenis Australia Open dan NBA.

Nantinya, otoritas Qatar dan Dorna Sports akan melalukan pembatasan pergerakan semua peserta. Mereka yang bertanggung jawab atas MotoGP juga turut mendapat bantuan dari pihak kesehatan setempat dan mengetahui bahwa semua peserta akan dikurung dalam bubble.

Selama berada di Qatar, pergerakan kru dan pembalap terbatas antara Hotel yang telah disiapkan dengan sirkuit. Di luar itu, mereka dilarang meninggalkan gelembung hingga 4 April 2021. Sebelum memasuki Qatar, semua personel harus memiliki surat izin yang mengonfirmasi bahwa mereka dibebaskan dari aturan karantina yang berlaku di Qatar. Selain itu, untuk bisa masuk ke kota Doha mereka harus menyertakan hasil tes negatif PCR dalam kurun waktu 72 jam sebelum berangkat.

Begitu tiba di bandara, seluruh anggota harus menjalani tes PCR lagi, akan dipindahkan ke hotel dan menunggu di sana hingga hasilnya keluar. Fasilitas gelembung telah disediakan di beberapa hotel seperti Ritz Carlton dan Inter Continental. Sementara, Grand Sheraton diperuntukkan kepada anggota tim yang tiba pada 17 Maret. Bagi yang baru datang pada 22 Maret akan ditempatkan di Grand Hyatt.

Baca Juga : Intip Hasil Performa Ducati Desmosedici GP21

Selain hotel, Dorna juga menyediakan transportasi dengan penyewaan bus atau mobil untuk transfer dari hotel ke sirkuit atau sebaliknya dengan perusahaan transportasi lokal. Hal ini dilakukan karena adanya larangan anggota tim untuk pergi dari wilayah isolasi.

Rencananya, pembalap, tim serta staf MotoGP akan tiba di Qatar pada 3 Maret mendatang. Dua hari kemudian, akan digelar shakedown test bagi tes rider dan rookie.

Pada 6 dan 7 Maret semua pembalap akan mengikuti tes pramusim perdana diikuti tes kedua pada 10-12 Maret. Usai tes, ajang balap pembuka Qatar akan digelar pada 28 Maret dan balapan kedua akan digelar sepekan kemudian di Sirkuit yang sama.