Ini Teknik Porting Polish Yang Benar Menurut Gati Motorsport

Ini Teknik Porting Polish yang Benar Menurut Gati Motorsport Karena bersifat mekanis, maka langkah PnP model ini tidak mengganggu kinerja elektrikal mobil. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Pemanfaatan volumetrik efisiensi mesin via porting and polish (PnP), dianggap sebagai langkah ekstrim untuk memperoleh tenaga mesin secara signifikan.

Sebab jika dilihat proses pengerjaannya dengan membongkar linear mesin, dianggap terlalu berlebihan untuk sebuah mesin harian. Otomatis mindset peruntukannya pun lebih terarah untuk racing atau balap.

Siswanto sedang mendemonstrasikan PnP

"Pertama, intake atau lubang pembuangan (port) di kepala silinder diperbesar menggunakan alat bor atau grinding, ruang ekstra ini membantu mesin untuk menarik udara ekstra masuk dan keluar dari silinder, mencampurkannya dengan lebih banyak bahan bakar yang berarti lebih banyak daya," buka Siswanto, Punggawa Gati Motorsport, Puspitek No 69, Serpong, Tangerang Selatan (16/5/2018).

Menurut penjelasan pria yang akrab disapa Mas Sis itu, Pembesaran inlet adalah apa yang disebut sebagai 'porting'. Langkah selanjutnya, port yang diperbesar kemudian dihaluskan menggunakan pengamplasan atau pemolesan.

"Ini menghilangkan kekurangan atau penghalang dari permukaan inlet, memungkinkan udara mengalir
lebih cepat ke dalam dan keluar dari silinder, maka proses ini disebut polishing," imbuh pria yang juga turun di balap touring dan reli itu.

Mau tau step by step-nya? Silakan simak poin per poin berikut ini:

Baca Juga: Banteng Motorsport Sprint Rally 2018 Seri I Sukses Lampaui Target Peserta

Berita Terkait

Berita Terkait