POPULAR STORIES

Ini Tips Agar Interior Tidak Cepat Rusak

Ini Tips Agar Interior Tidak Cepat Rusak Instagram : @modifiesby

KabarOto.com – Interior mobil memang jadi salah satu faktor terpenting demi menunjang kenyamaman pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Agar selalu nyaman, kita sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya menjaga panel-panel tetap awet dan tidak rusak.

Banyak orang juga sengaja mengeluarkan uang lebih demi menjaga interiornya selalu dalam kondisi baik. Tetapi kerusakan masih terjadi, hal tersebut bisa disebabkan banyak faktor yang menyebabkan rusaknya interior mobil. Mulai dari umur kendaraan sudah tua, ataupun karena iklim hingga kebiasaan sang pengemudi.

Menurut Franky Adrianto, selaku pemilik Modifie Car Accessories, “Kerusakan pada interior mobil disebabkan beberapa faktor. Paling sering itu penyebabnya iklim, terutama untuk mobil-mobil Eropa atau mobil CBU, karena iklim di Indonesia yang sangat panas. Lalu ada juga faktor kebiasaan dari sang pemilik atau penumpang mobil.”

Baca Juga : Layar Digital Mobil Rusak? Bisa Direparasi Kok

Kerusakan yang akan dialami juga beragam dari faktor tersebut loh, “Misalnya kalau faktor iklim panas, biasanya itu akan mempengaruhi panel lengket seperti terkena lem, karena meleleh. Lalu bisa juga interior mengalami pecah-pecah pada bagian jok kulit dan part soft touch,” ujar pria ramah tersebut.

“Sementara untuk faktor kebiasaan, biasanya yang paling merusak itu adalah kebiasaan menggunakan kuku saat memencet tombol, dan saat mengetuk layar headunit. Itu bisa membuat lecet panel yang memiliki warna dan juga menyebabkan warnanya pudar,” lanjutnya.

Kebiasaan juga menggunakan kuku harus dihilangkan nih Sobat KabarOto, bisa juga memencet menggunakan bagian sidik jari agar tidak terjadi baret pada panel. Agar kondisi pada tombol atau part lainnya tetap terjaga seperti baru terus.

Baca Juga : Deretan Hypercar Yang Rilis Di Tahun 2019

Lalu untuk faktor iklim, memang agak sulit menurut Franky, “Kalau untuk tips agar tidak mengalami sticky panel, itu agak tricky sih. Karena memang pada dasarnya panel mobil tersebut tidak dirancang untuk tahan pada kondisi iklim negara kita. Namun mungkin bisa dicegah dengan cara tidak terlalu lama menjemur mobil dibawah sinar matahari, bahkan sebaiknya selalu menghindari parkir dibawah terik matahari, atau bisa juga meminimalisir dengan penutup cover mobil, dan jangan terlalu sering menggunakan produk treatment yang mengandung banyak bahan kimia.”

Kerusakan bisa diminimalisir dengan cara membersihkan interior, karena hal ini menentukan kehati-hatian kita dalam merawat mobil, biasanya kalau kita bersihkan interior mobil di salon mobil, mungkin ada indikasi human error sehingga membuat lecet dan sebagainya. Oleh karena itu, lebih aman jika kita melakukannya sendiri dan menggunakan produk yang kita pilih sendiri.

Caranya juga cukup mudah kok, sempatkan setidaknya seminggu sekali untuk mengelap seluruh sisi interior menggunakan lap microfiber, atau yang memiliki bahan kulit bisa juga menggunakan leather cleaner dan memberikan pelembab khusus mobil, demi mencegah terjadinya retak karena terkena panas.

Nah sekarang sudah tahu kan Sobat KabarOto, apa saja penyebab interior mobil kalian rusak dan bagaimana tips cara perawatannya yang benar, makanya sempatkan waktu untuk merawat interior mobil kamu juga yah sob.