Deretan Hypercar Yang Rilis Di Tahun 2019  

Deretan Hypercar yang Rilis di Tahun 2019   Foto: Koenigsegg

KabarOto.com - Hypercar bisa jadi kasta tertinggi dalam dunia otomotif roda empat. Hypercar sendiri berada di atas supercar dalam berbagai aspek. Misal soal harga, tenaga mesin, teknologi hingga eksklusifitas.

Biasanya, hypercar diproduksi sangat terbatas dan harganya sangat mahal. Namun harga mahal tersebut dapat ditebus dengan eksklusifitas dan tenaga yang dihasilkan.

Pun, tidak semua pabrikan-pabrikan mobil dapat membangun hypercar. Selain pengembangannya mahal, produksinya juga cukup rumit.

Baca juga: Nih, Galeri Mobil Modif Dan Unik Di GIIAS 2019

Terlebih, sumber tenaga dari hypercar juga bukan mesin sembarangan. Selain itu, rata-rata tenaga hypercar dapat mencapai angka 1.000 dk atau bahkan lebih.

Nah di 2019 ini, beberapa pabrikan telah memperkenalkan hypercar terbarunya. Berikut adalah hypercar yang rilis hingga pertengahan tahun 2019 ini. (Gregorius Nikolaus. P)

1. Koenigsegg Jesko

Pabrikan asal swedia ini yang pertama kali meluncurkan hypercarnya di tahun 2019. Koenigsegg meluncurkan Jesko. Bentuk dari hypercar ini sangat futuristis, dengan desain khas Koenigsegg namun dengan sentuhan lebih modern.

Hypercar ini ditenagai mesin twinturbo V8, yang dapat menghasilkan tenaga 1.280 dk. Kerennya lagi, tenaga sebesar itu masih dapat dipompa hingga 1.600 dk, jika hypercar ini dipasok bahan bakar E85. Torsi Koenigsegg Jesko dapat mencapai angka 1.500 Nm.

Koenigsegg Jesko telah dirilis di Geneva Motor Show pada bulan Maret lalu dan diproduksi sebanyak 125 unit. Harganya jika dikonversi sekitar Rp 42 miliar.

2. Lotus Evija

Lotus Evija adalah hypercar dari merek mobil asal Inggris. Evija sendiri merupakan hypercar pertama dari pabrikan Lotus. Yang membedakan Lotus Evija dari hypercar lain adalah jantung pacunya.

Foto: Lotus

Lotus Evija tidak menggunakan mesin bensin berkapasitas besar seperti hypercar lainnya, namun menggunakan mesin listrik. Ini juga bukan mesin listrik sembarangan, karena punya output yang sangat tinggi. Target tenaga yang disemburkan oleh mesin listrik ini mencapai hampir 2.000 dk!

Torsinya juga tak main-main, mencapai 1.700 Nm! Serunya lagi, torsi yang sangat besar ini bisa dirasa secara instan karena karakter mesin listrik.

Baca juga: Deretan Mobil Dengan Nama Hewan Di Indonesia (Bagian 1)

Urusan kecepatan, Lotus Evija dapat melaju 0-100 kpj dalam waktu di bawah 3 detik, dan berakseleras 0-300 kpj dapat ditempuh di bawah 9 detik, dengan kecepatann maksimal mencapai 320 kpj.

Lotus Evija diproduksi secara terbatas sejumlah 130 unit. Hypercar yang rilis pada 17 Juli 2019 ini dibanderol Eur 1,7 miliar atau setara Rp 26,5 miliar.

3. Aston Martin Valkyrie

Aston Martin Valkyrie juga hypercar besutan Inggris. Mobil ini mengambil inspirasi desain dari mobil Formula 1. Semua aspek di mobil ini hampir menyamai mobil Formula 1, misal bentuk bodinya yang aerodimanis.

Foto: Aston Martin

Tak aneh, sebab Aston Martin Valkyrie juga dikembangkan Bersama tim Red Bull Racing. Hypercar yang pertama kali mengaspal di Sirkuit Silverstone 13 Juli 2019 ini hanya diproduksi sejumlah 150 unit.

Aston Martin Valkyrie menggunakan mesin 6.500 cc yang dapat berputar hingga 11.000 rpm. Raungan mesin tersebut akan terdengar seperti mobil Formula 1, yang RPM mesinnya juga tinggi.

Mesin berkonfigurasi V12 tersebut juga dipasangkan motor listrik. Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga sebesar 1.176 dk dengan torsi maksimal 900 Nm.

Banderolnya juga cukup fantastis, di harga Eur 3 juta atau jika dikonversi jadi sekitar Rp 46 miliar.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki hypercar-hypercar tersebut?