POPULAR STORIES

Ini Wujud Saudara Kembar Terios Dari Malaysia

Ini Wujud Saudara Kembar Terios dari Malaysia

KabarOto.com - Perodua Aruz merupakan mobil asal pabrikan Perodua di Malaysia. Perodua merupakan produk asal Malaysia yang memang berafiliasi dengan Daihatsu, sekilas dilihat dari tempilannya, Perodua Aruz mirip sekali dengan Daihatsu Terios yang ada di Indonesia, dan memang memiliki platform yang sama dengan Terios versi Indonesia.

Jika dilihat mesin yang digunakan Perodua Aruz, menggunakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada Daihatsu Terios. Yakni mesin dengan kode 2NR-VE 1.500 cc yang menghasilkan 103 dK pada 6.000 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Wow, Daihatsu Raup Keuntungan Dari Penjualan Terios Di Semester Awal

Karena menggunakan basis mobil yang sama, maka bentuk asli dari Daihatsu Terios pun sama dengan Perodua Aruz sehingga perbedaan yang terlihat hanya sebatas minor saja.

Pada bagian eksterior paling terlihat ada bagian grill depan yang didominasi dengan warna piano black dengan sedikit aksen chrome yang menghiasi bagian bilah grill, aksen hitam juga terdapat pada bagian dalam lampu. Sedangkan untuk bagian bumper depan memang hadir dengan desain baru, dengan rumah foglamp yang berbentuk segitiga. Ditambahkan underguard pada bagian bawah bumper, berwarna silver agar memberikan kesan maskulin. Sedangkan pada Daihatsu Terios aksen grill depan serta lampu yang semua bernuansa chrome.

Baca juga: Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T

Untuk memberikan kesan sporty, Perodua menggunakan pelek berukuran 17 inci berdesain model kipas dengan aksen warna abu-abu yang agak tipis. Untuk bagian buritannya, tidak jauh berbeda dengan Terios atau Rush di Indonesia. Lampu belakang yang menggunakan teknologi LED, namun dengan bentuk bumper belakang yang lebih tajam dengan aksen plastik hitam pada sisi lampunya.

Masuk ke dalam kabin, Perodua mengkombinasikan warna hitam dengan aksen silver. Khusus untuk Perodua Aruz tipe teratas, menggunakan bahan kulit berwarna hitam untuk membungkus bagian joknya. Sistem audio mobil ini mengandalkan head unit dengan layar 7 inci, dengan speaker model 2 way di bagian depan dan coaxial untuk belakang.

Untuk memberikan kenyamanan saat berkendara untuk penumpang baris kedua dan ketiga, mobil ini dilengkapi dengan AC double blower untuk memberikan kesejukan dalam kabin khususnya penumpang yang duduk di baris kedua dan ketiga.

Fitur yang ada didalam paket penjualan Perodua Aruz pun cukup lengkap ketimbang spesifikasi Terios di Indonesia. Seperti lampu otomatis, sensor parkir depan belakang, dash camp ( DVR ) yang terintergarsi, dan fitur kamera 360.

Baca juga: Daihatsu Tantang Terios Taklukkan Alam Maluku

Fitur keselamatannya pun cukup lengkap untuk pasar Asia untuk mobil yang telah merah 5 bintang crash test ASEAN N-Cap, fitur yang dimiliki tersebut seperti 6 Airbags, Traction Control, Stability control, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal ( ESS ), rem dengan teknologi ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Seatbelt Remainder.

Perodua Aruz tersedia dalam warna Amazon Green, Granite Grey, Electric Blue, Glittering Silver dan Ivory White. Dari segi harga Aruz 1.5 X dibandrol dengan harga 72.900 (RM) atau sekitar Rp 250 jutaan, Aruz 1.5 Advance dibandrol dengan harga 77.900 (RM) atau sekitar Rp 266 jutaan.(Leonardus Rianto)