Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Motor Di Jalan

Ini yang Harus Diperhatikan saat Mengendarai Motor di Jalan

KabarOto.com - Di masa new normal, semua aktivitas nampak baru, mulai dari menggunakan masker, selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivtas, dan juga menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Mengendarai motor pun perlu memperhatikan beberapa hal yang baru, salah satunya adalah menggunakan riding gear lengkap seperti helm, jaket, sepatu, sarung tangan dan juga masker atau penutup hidung saat berada di jalan raya. Namun ada hal yang penting, ini harus diperhatikan. Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor memberikan informasi hal yang harus diperhatikan saat berkendara di jalan.

Baca Juga: Perhatikan Ini Sebelum Mengendarai Motor Di Era New Normal

1. Emosi harus selalu dijaga selama berada di jalan raya. terkadang, aturan sudah diikuti dengan benar, sementara ada pengendara lain melangar dan bersinggungan dengan kita. "Dalam situasi itu kita harus menahan emosi, sabar. Apalagi cuaca panas," terang Lucky saat ngobrol virtual dengan media, Selasa (06/08).

2. Memahami karakteristik pengguna jalan lain seperti pesepeda dan pejalan kaki. "Saat new normal, banyak orang yang menggunakan sepeda di jalan raya, itu harus diperhatikan," tambah Lucky. Karena biasanya, pesepeda yang menanjak dia harus mengumpulkan tenaga dengan berbagai cara, agar kuat mengayuhnya.

3. Prediksi bahaya di jalan raya yang sepi. Ini biasanya dilakukan oleh pemotor, saat jalan sepi mereka memutar gas dengan keceppatan maksimal. "Padahal menurut Lucky ini berbahaya. karena banyak pengguna motor lain yang merasakan hal ini. "Jadi melihat jalan sepi ngebut semua. Ini harus diperhatikan juga," jelas dia.

4. Jaga jarak bukan hanya dilakukan saat duduk atau mengantri di toko. Jaga jarak menurut Lucky juga harus dilakukan di jalan raya. Misalkan saat jalan macet atau antri di lampu merah, jangan terlalu dekat dengan pengendara lainnya. Karena belum tentu orang lain menerapkan protokol kesehtan sama seperti diri kita.

5. Transaksi menggunakan uang digital atau dengan uang pas. "Transaksi pakai uang elektronik atau uang pas, untuk meminimalisir kontak dengan orang lain," papar Lucky lagi. Karena jika menggunakan uang tunai hars menunggu kembalian, dan dikhawatirkan orang lain bisa membawa Covid-19.

Baca Juga: Tips Ala Instruktur Safety Riding Agar Selalu Prima Saat Mengendarai Motor

6. Makan sebisa mungkin membawa makanan dan tempat makan dari rumah. Selain bersih, makanan dari rumah menurut Lucky juga lebih sehat dan berkualitas. "Makan setelah di tempat tujuan itu bisa bawa dari rumah, lebih bersih dan sehat," tuturnya.