POPULAR STORIES

Ini Yang Terjadi Kalau Mobil Dibiarkan Basah

Ini yang Terjadi Kalau Mobil Dibiarkan Basah Foto: Wandha

KabarOto.com - Beberapa hari terakhir ini Jabodetabek sedang didera hujan deras serta angin yang cukup kencang nih. Cuaca seperti ini tentu sangat berpengaruh dengan kebersihan kendaraan. Banyak yang menyarankan kalau kendaraan kehujanan harus segera dilap kering. Tunggu dulu, jangan langsung dilap karena ternyata berisiko.

Faktanya, kendaraan yang langsung dilap kering setelah terkena air hujan malah berisiko merusak bodi. Alasan utamanya karena air hujan dipastikan telah bercampur dengan debu, pasir, atau partikel lainnya yang mungkin kasar dan akhirnya merusak cat bodi mobil. Tapi jangan sampai dibiarkan kering oleh matahari ya, karena bisa menyebabkan jamuran!

ist

Baca Juga: Jangan Sembarangan Mencuci Mobil, Begini Caranya!

Menurut Deva, Penanggung Jawab di Black Beauty Car Wash, "Mencuci mobil ketika musim hujan bisa jadi perlu dicuci setiap hari. Kalau sedang panas bisa saja dicuci seminggu sekali atau dua kali saja, kembali ke pemakaian penggunanya. Kalau bodi mobil yang sudah ada lapisannya seperti di coating itu bisa lebih awet juga catnya."

Apabila kotor, sebaiknya dicuci total untuk memastikan tidak ada debu dan kotoran yang tertinggal di bodi mobil kesayangan sobat KabarOto. Tentu harus dipastikan untuk benar-benar kering ya, supaya bagian-bagian mobil tidak muncul jamur.

mobil

Baca Juga: Lampu Mika Menjadi Kuning, Begini Cara Mengatasinya

Jamur sangat mudah bersarang diberbagai bagian kaca mobil loh, termasuk pada mika lampu. Jika kaca mobil buram biasanya itu pertanda jamur sudah berkembang. Hampir sama dengan kaca, pada mika lampu mobil biasanya membuat cahaya bias atau buyar sehingga cahayanya tidak fokus lagi.

lampu

Agar terhindar dari jamur, setelah membersihkan mobil bisa gunakan anti jamur untuk kaca yang sudah banyak dijual di pasaran. Hal ini diperlukan agar kaca mobil tidak berjamur, tapi jangan sampai diolesi anti jamur apabila kaca sudah berjamur ya. Seperti kata Deva, pria berkupluk ini mengatakan, "Pemakaian anti jamur harus dipastikan bahwa kaca tidak berjamur, karena kalau ternyata ada jamurnya nanti susah lagi dihilangkannya. Karena ada lapisan yang menutup jamurnya itu."

Anti jamur juga bisa ditemukan di minimarket loh. Sedangkan, untuk kaca yang sudah terlanjur berjamur sebaiknya di waxing atau di poles. Tindakan yang dipilih disesuaikan dengan tingkat ketebalan jamur itu sendiri.

Baca Juga: Ini Dia Jurus Simpel Menangkal Jamur Kaca Mobil

Beberapa car wash seperti Black Beauty Car Wash juga sudah menyediakan jasa poles, ceramic pro hingga waxing. Jadi tidak hanya datang untuk cuci mobil saja, tapi langsung dengan perawatan lainnya. Alat-alat dan bahan yang digunakan juga sudah memadai loh.