Lampu Mika Menguning, Begini Cara Mengatasinya

Lampu Mika Menguning, Begini Cara Mengatasinya Lampu mobil menjadi buram karena terlalu lama terjemur

KabarOto.com - Sering membiarkan mobil parkir dibawah terik matahari? Sepertinya masih banyak yang lalai nih dengan bagian ini, efeknya bisa berdampak buruk terhadap mika lampu. Walaupun terkesan sepele, mika lampu adalah bagian penting untuk penerangan khususnya dalam mengemudi loh.

Tanda dari mika lampu yang sering terkena panas, warnanya berubah menjadi buram atau menguning, tidak bening lagi. Sehingga, sorot cahaya lampu yang keluar dari bohlam tidak maksimal atau bahkan membuat silau. Hal ini tentu membuat kegiatan berkendara menjadi tidak nyaman, terutama malam hari yang membutuhkan penerangan ekstra.

Ananta selaku owner dari Avantgarde di Gading serpong mengatakan, "Sebenarnya yang perlu dirawat adalah mika (lampu). Biasanya karena sering parkir kena panas matahari terlalu sering, sehingga membuat mika makin lama jadi buram. Dampak mika buram, efeknya bisa bikin silau karena cahayanya nyebar, udah nggak folus lagi."

Lampu

Nah, cara menghindarinya tentu gampang dong. Hindari mobil terjemur terik matahari terlalu sering agar mika pada mobil awet. Juga pilihlah bohlam dengan watt yang tidak terlalu tinggi agar panasnya tidak merusak pernis pada mika.

Jika sudah terlanjur menguning, ada tips agar mika lampu pada mobil dapat kembali terlihat bening. Kegiatan ini dapat dilakukan dirumah, juga hemat. Bahan serta alatnya pun dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Tetapi, jangan harapkan hasil dan ketahanan yang sama dengan dibawa ke ahlinya.

Lampu

Ananta membeberkan, "Kalau baca diinternet bisa dibersihin sendiri pakai amplas, sabun, dan odol. Tapi ini tidak kurang ya."

Caranya, pertama amplas dulu mika lampu dengan amplas halus. Setelahnya lanjutkan mengamplas dengan tambahan sabun. Setelah dibersihkan, ratakan odol kemudian diamkan beberapa menit lalu cuci hingga bersih.

Jika menginginkan hasil yang maksimal, dibawa saja ke ahlinya agar mendapat pemeriksaan serta perawatan. Penanganan untuk kusamnya mika seperti pengamplasan juga dengan cairan kimia.

"Kalau kasusnya mika lampu buram sudah meguning gitu, bisa dilakukan rekondisi. Nanti ada proses pengamplasan juga ada pakai bahan kimia. Ketahanannya sendiri tergantung pemakaiannya gimana. Paling gampang sih hindarin mobil terjemur terlalu lama di bawah terik matahari."