Inikah Bentuk Civic Hatchback Facelift?

Inikah Bentuk Civic Hatchback Facelift?

KabarOto.com – Honda Civic memang jadi salah satu andalan Honda dalam pasar mobil sedan. Selain itu, langkah Honda mendatangkan Civic Hatchback dirasa jalan tepat untuk selera pasar Indonesia.

Menariknya, setelah hampir 2 dekade, akhirnya Honda kembali menjual versi hatchback dari Civic. Setelah sebelumnya penjualan model hatchback terakhir ada pada Civic Estilo hingga tahun 1995.

Kelebihan dari Civic Hatchback ketimbang sedan adalah desain lebih sporty dan lebih mengarah untuk pasar kalangan muda. Sementara Civic sedan lebih menimbulkan kesan mewahnya, contoh seperti garnis-garnis krom, dan sebagainya.

Baca Juga : Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Beberapa waktu lalu, versi sedannya mengalami facelift. Baru-baru muncul gambar bentuk versi hatchback baru, yang tentunya belum ada konfirmasi akan ada facelift untuk waktu sekarang.

Lalu apa saja sih yang berbeda ? Pertama untuk eksterior, terdapat bumber baru dengan lekukan lebih mematah pada bagian cover foglamp, lalu terdapat garnis splitter sewarna body yang fungsinya mungkin untuk memecah angin dari depan.

Kalau dari sisi samping, yang paling jelas terlihat ialah bagian peleknya, sekarang sudah menggunakan model baru motif kombinasi palang 5 dan Y spoke 18 inci. Dipermanis lagi kombinasi warna hitam dan silver. Lalu bannya menggunakan garapan Continental Contiprocontact ukuran 235/40 R18.

Bagian belakang, menggunakan bumper baru dengan garnis seperti splitter agar tampilan lebih keren. Oh iya, posisi knalpot juga diatur ulang loh seperti kepunyaan kakaknya yakni Type R. Namun bedanya walau di tengah, tapi hanya memiliki 2 lubang bukan 3 seperti Type R.

Baca Juga : Deretan Honda Civic Hatchback Yang Pernah Dijual Di Indonesia

Selain itu, fitur-fiturnya juga ada yang ditambahkan loh sob. Nantinya pada Civic ini akan disematkan Apple CarPlay. Lalu layar headunit sebesar 7 inci yang bisa akses navigasi, pengaturan lagu, radio dan bluetooth. Sisanya seperti doortrim, bentuk panel-panel semua masih mirip seperti sebelumnya, namun kabarnya akan ada penambahan jok kulit untuk tipe tertentu.

Mesin yang diandalkan juga masih digunakan pada facelift ringan ini. Berkapasitas 1.500 cc dengan bantuan turbocharger, sehingga tenaga maksimalnya mencapai 173 dk dan torsi maksimal 220 Nm. Lantas tenaga tersebut disalurkan oleh 2 pilihan transmisi yakmi CVT dan manual, dengan penggerak roda depan.

Soal harganya, sepertinya untuk pasar luar negeri pilihannya cukup banyak. Misalnya ada tipe LX, Sport, sport touring. Harganya juga beragam, antara US$ 22.560 atau berkisar Rp 315 juta, hingga US$ 29.780 atau berkisar Rp 416 juta.

Bagaimana menurut kalian jauh lebih segar ya tampilannya sob!