POPULAR STORIES

Inilah BMW Seri 7 Yang Gunakan Mesin V16

Inilah BMW Seri 7 yang Gunakan Mesin V16

KabarOto.com - Seri 7 terkenal sebagai mobil dengan kasta tinggi dari BMW, pertama kali diperkenalkan pada 1977, dengan kode bodi E23. Hingga saat ini pun, BMW seri 7 terus diproduksi dengan penambahan fitur dan pengembangan teknologi baru.

Sebagai varian mobil mewah, tentunya BMW seri 7 harus menawarkan kelebihan-kelebihan dibandingkan seri lainnya, yang berada di bawah BMW seri 7.

Menawarkan kemewahan dan kenyamanan, tak ketinggalan performa tinggi. Hingga saat ini, BMW Seri 7 memiliki peminat, khususnya para pecinta kemewahan, kenyamanan, dan performa.

Baca juga: Mewah! Tamu Grand Hyatt Jakarta Bakal Dilayani BMW Seri 7 Terbaru

Selalu menghadirkan atau menggunakan mesin dengan performa tinggi, bahkan penggunakann mesin berkapasitas besar mulai dari 3.000 hingga 5.000 cc menjadi hal lumrah pada seri 7. Ternyata BMW juga pernah membuat seri 7 dengan mesin yang tidak biasa loh, seperti BMW Seri 7 yang satu ini.

Mobil ini adalah BMW 750 iL Goldfisch, lansiran 1987. Menggunakan basis E32 750i, dengan beberapa penyesuaian tetap memiliki identitas dari E32.

Bagian muka tidak ada perubahan, menggunakan identitas BMW lawas, dengan 4 lampu bulat dan sepasang gril ikonik di tengahnya.

Baca juga: BMW X3 Ikut Beraksi Di Film Black Widow

Yang unik penambahan air intake di samping bodi mobil, berfungsi untuk mendinginkan radiator yang bersemedi di dalam bagasi. Tentu hal ini tidak biasa, namun karena adanya modifikasi pada bagian mesinnya, memaksa bagian bagasinya beralih fungsi.

Jantung mekanis BMW 750 iL Goldfisch ini menggunakan mesin V16 berkapasitas 6.700 cc. Sebenarnya mesin ini merupakan pengembangan dan modifikasi dari mesin M70 V12.

Mesin V16 tersebut, sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga 408 dk, sementara torsi maksimalnya adalah 613 Nm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda. Melalui transmisi dari BMW seri 8, manual 6 percepatan. Soal akselerasinya, 0-100 kpj bisa ditempuh dalam waktu 6 detik.

Sedangkan kecepatan maksimalnya adalah 281 kpj. Lumayan untuk sebuah mobil di era 1980-an.

Namun, sayangnya dibalik mesin yang sangar. Mobil ini hanya sebatas mobil konsep. BMW tidak menjadikan mobil ini sebagai mobil produksi umum, karena suatu alasan tertentu.

Wah, sayang sekali. Andai saja mobil ini benar-benar diproduksi. Pasti akan jadi mobil yang luar biasa pada saat itu. (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait