POPULAR STORIES

Intip Spesifikasi AlphaTauri AT02

Intip Spesifikasi AlphaTauri AT02

KabarOto.com – Mobil-mobil Formula 1 2021 sudah terungkap semua, begitu juga dengan AlphaTauri yang hadir dengan senjata andalannya AT02. Jet darat tersebut akan dikendarai oleh Pierre Gasly dan satu pembalap baru asal Jepang, Yuki Tsunoda.

Tidak sabar melihat aksi AT02, yuk kita intip bagaimana spesifikasinya.

Baca juga: Mantan Pembalap F1 Johnny Dumfries Tutup Usia

Seperti sebelumnya, AT02 dibangun dengan sasis sama seperti sebelumnya yakni AT01 namun dengan beberapa pengembangan yang disesuaikan regulasi balapan Formula 1 musim 2021. Misalnya saja ada perubahan desain lantai lebih ramping, penambahan winglet untuk bagian belakang, serta perubahan desain depannya.

Urusan aerodinamika juga sangat diperhatikan, dan juga telah melewati terowongan angin demi meraih hasil paling maksimal. Tidak hanya mengurangi hambatan udara, namun setiap bagian seperti sayap depan, sisi samping, sayap belakang, semua dipikirkan agar mobil tetap menerima downforce optimal.

Menggunakan bahan material serat karbon, membuat mobil yang memiliki panjang 5.500 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 950 mm ini punya bobot cukup ringan yakni 743 kg saja, berat tersebut belum termasuk bahan bakar.

Baca juga: Aston Martin Vantage Dan DBX Jadi Mobil Safety Car Dan Medical Car F1 2021

Soal mesin, ini akan jadi mesin terakhir Honda di ajang F1. Selanjutnya Red Bull akan mengembangkannya sendiri. Honda RA621H V6 turbo berkapasitas 1.600 cc, mampu digeber hingga 15.000 rpm. Lalu ada dua sistem pemulihan energi listrik yang menghasilkan tenaga tambahan disimpan dalam baterai, yakni MGU-K yang memulihkan energi kinetik dari pengereman, dan MGU-H mengubah energi dari gas buang turbo.

AT02 dikendarai Tsunoda bekerja dengan baik, hingga menjadi salah satu paling cepat pada saat sesi uji coba, “Saya merasa lebih nyaman dengan mobil tahun ini. Sumber tenaganya lebih besar dan mudah dikendalikan. Tetapi meski pengujian berjalan baik, kami hanya akan tahu posisi kami setelah balapan pertama,” ujar Tsunoda.