POPULAR STORIES

Aston Martin Vantage Dan DBX Jadi Mobil Safety Car Dan Medical Car F1 2021

Aston Martin Vantage dan DBX Jadi Mobil Safety Car dan Medical Car F1 2021

KabarOto.com – Formula 1 2021 nampaknya di awal balapan akan mendapat penyegaran. Bukan hanya para tim yang memperkenalkan livery baru. Namun peran penting seperti Safety Car dan Medical Car juga turut diganti.

Sebelumnya, sejak F1 tahun 1996 urusan Safety Car dan Medical Car pasti selalu dipercayakan pada Mercedes-Benz. Tetapi musim baru ini, hal tersebut diubah seiiring masuknya tim Aston Martin ke ajang jet darat tersebut.

Baca Juga : Peluncuran Mobil Williams FW43B Sempat Diserang Hacker

Tugas berpindah ke Aston Martin Vantage sebagai Safety Car, sementara Medical Car akan diurus oleh SUV Aston Martin DBX. Ditugaskan FIA sebagai Safety Car Driver masih Bernd Mayländer, dan mantan pembalap, Richard Darker. Sementara Alan van der Merwe akan mengemudikan Medical Car.

Sebenarnya keduanya masih punya jantung tak jauh-jauh dari Mercedes AMG, sebab dibekali mesin berkonfigurasi V8 M177 kapasitas 4.000 cc lengkap twin-turbocharged. Soal output, Vantage ada revisi tambahan tenaga 25 dk menjadi 528 dk dan torsi tetap 685 Nm, serta menembus 96 kpj hanya 3,5 detik. DBX menghasilkan tenaga 542 dk dan torsi 700 Nm, tak kalah cepat SUV hanya butuh 4,5 detik menuntaskan 100 kpj.

Ubahan wajah di Vantage, terutama kisi aerodinamika mampu memberikan daya tekan hingga 155,6 kg saat melaju 200 kpj. Lebih kuat 60 kg berbanding versi biasa dengan kecepatan yang sama. Modifikasi di bagian suspensi hingga respon kemudi dilakukan. Lebih tepatnya, mobil balap Vantage GT4 diubah menjadi Safety Car.

Baca Juga : Livery Mobil Williams FW43B Jauh Berbeda

Oh iya, lampu khas Safety Car di atap mobil, diyakini melibatkan para desainer di Aston Martin dan juga para ahli aerodinamika. Berbahan serat karbon, dudukannya didesain agar tak mengganggu aliran udara yang mengalir ke sayap belakang.

CEO Aston Martin Lagonda, Tobias Moers, mengatakan ”Bersama dengan seluruh perusahaan, saya sangat bangga dengan kembalinya merek Aston Martin ke Formula Satu untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun. Ini merupakan awal dari era baru yang signifikan untuk Aston Martin.”

Kedua Aston Martin ini sendiri akan melakukan debut F1 mereka pada tes pramusim di Bahrain pada 12-14 Maret 2021 mendatang.