POPULAR STORIES

Aston Martin Vantage F1 Safety Car, Bakal Pimpin 20 Mobil F1 Sebelum Balapan Mulai

Aston Martin Vantage F1 Safety Car, Bakal Pimpin 20 Mobil F1 Sebelum Balapan Mulai Foto: Aston Martin

KabarOto.com - Musim balap Formula 1 2024, Aston Martin Vantage siap mengambil peran utamanya sebagai mobil keselamatan (safety car) resmi F1. Akan memimpin 20 mobil F1 pada putaran formasi untuk F1 Arab Saudi 2024 akhir pekan ini.

Aston Martin Vantage dirancang untuk menghadirkan sensasi maksimal, di-setting dan dilengkapi untuk memiliki performa tinggi, apalagi punya peran penting sebagai safety car dan performa yang sanggup mengimbangi performa mobil-mobil F1 musim ini.

Baca juga: Tampil Lebih Sporty Dan Bertenaga, Aston Martin Vantage 2025 Diproduksi Tahun Ini

Dengan inovasi terkini, akan membawa mobil sport ini ke lini depan F1 musim 2024. Aston Martin Vantage ini punya performa tinggi. Penambahan sayap belakang besar dan beberapa tambahan aero kit, semata-mata demi peningkatan sektor aerodinamik kendaraan tersebut.

"Vantage adalah inti dari merek Aston Martin, jadi melihat Vantage tercepat dan paling fokus pada pengemudi namun tetap memainkan peran penting di ajang FIA Formula Satu yang bergengsi," ujar Marco Mattiacci selaku Global Chief Brand and Commercial Officer Aston Martin.

Ia juga menambahkan, dengan membangun sinergi alami antara F1 dan Aston Martin, penggemar balap tidak hanya akan melihat tim Aston Martin Aramco berada di jalur yang tepat dan juga dua model performa paling menarik dari Aston Martin, yakni mobil tim dan Vantage.

Aston Martin Vantage mengandalkan mesin V8 twin0turbo, berkapasitas 4.000 cc. Plus peningkatan tenaga hingga 30%, memastikan Vantage Safety Car melaju dengan cepat, setiap saat.

Vantage Safety Car ini telah melalui proses yang ketat untuk menjadi safety car F1. Untuk memberikan serangan maksimal di trek balap, mobil unik ini memiliki tambahan aerodinamika bawah lantai yang dimodifikasi, serta splitter depan yang diperpanjang dan diprofilkan.

Untuk downforce ekstra, sayap belakang baru telah dipasang secara khusus pada posisi yang dipesan lebih dahulu dengan Gurney yang telah disetel. Lightbar FIA juga telah menerima profil aero baru karena setiap milidetik performa sangat penting saat memimpin mobil F1 dengan pendinginan ban yang cepat.

Baca juga: Aston Martin Vantage GT3, Dibangun Untuk Terjun Di Balap Kategori LMGT3

"Senang rasanya mengendarai Aston Martin Vantage. Mobil ini berasal dari garis keturunan yang luar biasa dan versi terbaru ini adalah yang tercepat. Kesan pertama saya sangat positif karena saya bisa langsung merasakannya peningkatan dalam pengendalian dan, tentu saja tenaga," pungkas Bernd Mayländer selaku pengemudi Safety Car F1.

Di interior Vantage Safety Car terdapat sejumlah sistem untuk membantu pengemudi dan penumpang dalam menjalankan perannya. Jok standar telah digantikan dengan model bucket untuk menjaga pengemudi dan penumpangnya tetap di tempatnya saat mereka bersirkulasi dengan kecepatan tinggi.

Kemudian konsol tengah dilengkapi dengan switchgear untuk menjalankan sistem FIA, bersama dengan layar yang menunjukkan waktu putaran langsung, posisi lintasan semua mobil, dan kamera tampak belakang.

Meski fungsional, Safety Car ini tetaplah Aston Martin sehingga interiornya diberi trim Lime Essence yang unik sesuai dengan warna balap milik pabrikan tersebut.