POPULAR STORIES

Mantan Pembalap F1 Johnny Dumfries Tutup Usia

Mantan Pembalap F1 Johnny Dumfries Tutup Usia

KabarOto.com – Mantan pembalap Formula 1 yang mencatatkan 15 kali penampilan di Formula 1 bersama Lotus musim 1986, Johnny Dumfries, dikabarkan meninggal dunia pada usia 62 tahun.

Lahir dengan nama asli John Crichton-Stuart, tetapi lebih dikenal akrab sebagai Johnny Bute. Ia menggunakan nama belakang demi menjaga latar belakang keluarga yang merupakan salah satu keluarga bangsawan tertua di Skotlandia, serta keturunan Perdana Menteri Inggris.

Baca juga: Ventilator Buatan Mercedes Bantu Banyak Pasien Covid-19

Nama Dumfries mulai menjadi sosok pembalap terkenal karena berduet dengan Ayrton Senna di Lotus pada 1986, ia hanya berkiprah selama satu musim. Namun cukup menunjukkan kesuksesan dimana dia berhasil mencetak hasil terbaik finis kelima di Grand Prix Hongaria.

Dumfries sempat merebut posisi keenam saat GP Australia 1986. Kala itu, mobil yang dikemudikannya mencuri perhatian, lantaran dilengkapi onboard camera. Lalu meraih tempat keenam di GP Australia, mobilnya terkenal karena dihiasi kamera on-board, dan digunakan sampai F1 sekarang.

Dua tahun setelah debut F1, Dumfries mencoba cicipi karir di Le Mans 24 Hours 1988, dam meraih kemengan bersama Jan Lammers dan Andy Wallace, dengan mengemudikan mobil Jaguar XJR-9LM.

Baca juga: Aston Martin Vantage Dan DBX Jadi Mobil Safety Car Dan Medical Car F1 2021

Pada Senin (22/03), pihak keluarga menyampaikan berita duka atas meninggalnya Dumfries karena mengalami sakit. Tapi tidak disebutkan secara jelas dia menderita penyakit apa.

"Semangat dan energi tidak tergoyahkan yang dibawa Johnny ke dalam hidupnya akan sangat dirindukan, serta kehangatan dan cinta luar biasa yang dia tunjukkan untuk keluarganya,” bunyi pernyataan tersebut.