POPULAR STORIES

Intip Spesifikasi Ducati Desmosedici GP23 Tunggangan Marquez Barsaudara Di MotoGP 2024

Intip Spesifikasi Ducati Desmosedici GP23 Tunggangan Marquez Barsaudara di MotoGP 2024 Desmosedici GP23 (Foto: Gresini Racing)

KabarOto.com - Gresini Racing resmi memperkenalkan motor baru untuk digunakan kedua pembalap mereka, Alex Marquez (73) dan Marc Marquez (93), yang akan berlaga di MotoGP musim 2024. Kuda besi tunggangan Marquez bersaudara adalah Ducati Desmosedici GP23, tahun lalu mengantarkan Francesco Bagnaia menjadi juara dunia tahun 2023. Lalu seperti apa sepsifikasinya?

Dilansir dari situs resmi Ducati, Desmosedici GP23 menggunakan mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder. Mampu menghasilkan tenaga 250 dk, kecepatan tertinggi 350 kpj. Mesin tersebut dihubungkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission.

Baca Juga: Motor Gresini Racing Di MotoGP 2024 Bertabur Sponsor Indonesia

Ducati Desmosedici GP23 tunggangan Alex Marquez (Foto: Gresini)

Dapur pacu motor ini memiliki sistem Indirect electronic injection, four throttle bodies, injektor-nya di atas dan bawah katup. Throttles dioperasikan oleh sistem double Ride by Wire. Bahan bakar yang digunakan adalah Shell Racing V-Power dan oli Shell Advance Ultra 4.

Ducati Desmosedici 2023 ini, memiliki berat 157 kg, ringan karena menggunakan sasis twin spar, bermaterial aluminium dikombinasi dengan pelek magnesium alloy. Beratnya sudah disesuaikan dengan ketentuan regulasi FIM.

Tombil-tombol di setang motor dengan berbagai fungsi (Foto: MotoGP.com)

Motor buatan Italia ini juga dirancang stabil untuk menikung saat berada di kecepatan tinggi. Didukung pula dengan suspensi depan Ohlins tabung luar karbon, sementara suspensi belakang menggunakan Ohlins, dapat diatur preload dan damping.

Tangki bahan bakar bertuliskan Ducati di sisi kanan dan kiri (Foto: MotoGP.com)

Mendukung kinerja mesin, disematkan rem Brembo dua cakram 340 mm untuk depan kaliper empat piston. Di belakang, menggunakan cakram tunggal berbahan baja, kaliper dua piston. Sistem elektroniknya menggunakan Marelli ECU, diprogram lewat Dorna Unified Software.

Baca Juga: Federal Oil Kembali Sponsori Gresini Racing MotoGP Untuk Musim 2024

Menariknya lagi, banyak sponsor Indonesia yang mendukung lewat-logo-logo di bodi motor. Wonderful Indonesia ada di winglet, Kemudian ada di fairing kanan dan kiri seperti Antangin, Aspira, Federal Oil, MS Glow for Men, dan Bold Riders.