Intip Spesifikasi RX King Listrik Yang Curi Perhatian Di GIIAS 2021

Intip Spesifikasi RX King Listrik yang Curi Perhatian di GIIAS 2021 RX King Listrik

KabarOto.com - Yamaha RX King memiliki debut mengesankan di Indonesia, dikenal sebagai motor 2 tak kencang. Alasan performa inilah, menjadi pilihan konsumen memilih motor terseebut. Bahkan hingga kini masih menjadi barang buruan kolektor dan penggemar motor 2 tak itu.

Ciri khas suara bising ala mesin 2 tak, asap mengepul saat berakselerasi menjadi ikonik untuk penggemar motor tersebut.

Nah bagaimana jika Yamaha RX King ini dibuat tidak bersuara dan tidak mengeluarkan asap?

Begitulah penampakan sebuah RX King yang ada di GIIAS 2021. Bisa dibilang, RX King ini menolak takdir, karena sudah diubah menjadi sebuah motor listrik.

Baca Juga: Yamaha RX King Ini Dijual Rp30 Juta, Apa Kelebihannya?

Motor berwarna hijau yang masih terlihat orisinil diberi nama RX-Ohm. nama tersebut menyesuaikan dengan jenis motor yang masuk ke dalam kategori motor listrik.

Baerai terletak di bawah tangki

RX King listrik ini, diketahui milik Setrum.com. Farman Fab ketika ditemui di booth hall 8 ICE, BSD Tangerang mengatakan, motor ini awalnya dimiliki oleh pria asal Belanda bernama Michael. Dia awalnya gemar dengan RX King, namun tidak suka dengan suaranya yang bising.

Motor buatan tahun 1992 ini aslinya menggunakan mesin 135 cc 2-tak, diganti dengan motor elektrik QS Hub Drive 3KW. Sistem controller Kelly KLS-S 7230 dipasang rapi, posisinya ada di tempat mesin di bawah tangki. terdapat juga betari 71,4 volt 40 Ah Iitepo4.

Baterai jika diisi penuh bisa menempuh jarak 60 km dengan kecepatan maksimal mencapai 100 kpj. Penggeraknya meninggalkan rantai dan gear set, diganti menggunakan sebuah hub, fungsinya juga bisa untuk tromol belakang motor.

Untuk memodifikasi motor ini secara keseluruhan menghabiskan biaya sekitar Rp 25 juta hingga Rp 30 Juta. Farman mengatakan, jika komponennya mengunakan barang bagus, seperti kontrol merek Kelly, tipe ini bisa 300 ampere full hingga penuh.

"Ini baru dibuka 100 ampere, cuma 1/3 dari potensi tenaga. Karena baterainya juga kecil, jadi jarak tempuhnya juga nggak jauh, paling jauh 60 km," kata Farman.

Baca juga: Ada Sokbreker Untuk RX-King Supaya Lebih Keren Nih

Spesifikasi Yamaha RX-King yang disulap jadi motor listrik:

  • Basis: Yamaha RX-King 1992

  • Motor elektrik: QS Hub drive 3 kW

  • Baterai: 71,4 volt 30 Ah Lifepo4

  • Battery Management System: Dark Horse

  • Controller: Kelly KLS-S 7230

  • Kecepatan maksimal : 100 km/jam (buat jalan santai)

  • Jarak tempuh: 60 km

  • Builder: FZ Ebike.

Berita Terkait

Berita Terkait