Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 Yang Berlaga Di Kejurnas Rally Indonesia 2022

Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 yang Berlaga di Kejurnas Rally Indonesia 2022 Toyota GR Yaris AP4 Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota GAZOO Racing Indonesia (TGRI) menampilkan GR Yaris AP4 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Di mana, spesifikasi hatchback kencang ini telah disesuaikan dengan regulasi AP4 (Asia-Pacific 4WD) untuk berlaga di Kejurnas Rally Indonesia 2022.

Sebagai informasi saja, dikendarai oleh pasangan pembalap TGRI, yakni Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto. Prestasi terbaru sudah didapatkan di Kejurnas Sprint Rally 2022 di Malang, Jawa Timur dan Kejurnas Danau Toba Rally 2022. TGRI berhasil menjadi juara pertama dan memimpin klasemen Kejurnas Rally Indonesia 2022.

Fascia memberikan mobil kencang

“GR Yaris yang digunakan oleh pereli TGRI telah dimodifikasi dengan merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4) agar dapat berlaga di kelas M1 (Sedan All Wheel Drive) kategori A," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Baca Juga : All New Toyota GR86 Melantai Di GIIAS, Bawa Mesin Lebih Bertenaga

Hot hatch ini terlihat tangguh saat melibas trek gravel yang menantang sepanjang 5,2 km. Handling dan performa mesin yang ada di mobil ini terlihat mumpuni.

Pembalap dan navigator GR Yaris AP4

Merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor.

Penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Toyota GR Yaris AP4

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce.

Baca Juga : Toyota Tampilkan Lini Produk Lengkap Di GIIAS 2022

Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.

Tampilan belakang dengan spoiler bertingkat

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Soal performa, GR Yaris AP4 masih menggunakan mesin standar 1.600 cc 3 ilinder dengan Turbocharger. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 257 dk pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

Tenaga disalurkan melalui gearbox sequential 5 percepatan dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

“Mobil ini telah memperoleh pengembangan teknis yang membuatnya lebih ringan dengan adanya pengurangan bobot di beberapa area, lebih aerodinamis dengan penyematan body kit yang gagah dan fungsional, serta lebih responsif berkat sentuhan pada mesin dan transmisi all wheel drive (AWD),” pungkas Fumitaka Kawashima.