Intip Spesifikasi Truk Mercedes-Benz Actros Dan Arocs

Intip Spesifikasi Truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs Mercedes-Benz Arocs (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), sebagai agen tunggal penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz di Indonesia, baru saja meluncurkan 2 produk terbaru mereka sekaligus, yakni The New Actros dan Arocs.

The New Mercedes-Benz Actros merupakan truk heavy duty untuk medan on road. Truk ini dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan truk jarak jauh dan distribusi.

Baca Juga: Mercedes-Benz Luncurkan Dua Truk Anyar, Actros Dan Arocs

Sementara The New Arocs merupakan truk heavy duty untuk aplikasi angkutan tambang dan perkebunan dengan aplikasi truk rigid. Truk ini dirancang untuk memaksimalkan pertumbuhan bisnis di industri konstruksi, tambang serta penggunaan di sektor loging.

Ada 10 varian yang tersedia, Actros 4 varian dan Arocs 6 varian, masing-masing memiliki kegunaan berbeda-beda. Untuk Actros, semuanya menggunakan tipe sasis tractor head.

Arocs andal untuk medan off road

Baik Actros dan Arocs dibekali mesin 6 silinder segaris OM 460 LA berkapasitas 12,8 liter. Meski menggunakan dapur pacu yang sama, namun output tenaga yang dikeluarkannya berbeda-beda.

Untuk truk Actros, Mercedes-Benz menyediakan pilihan output tenaga dengan rentang mulai 422 dk (3242 LS 6x4) hingga 476 dk (4048 S 6x4), yang dihasilkan pada putaran mesin di angka 1.600 rpm. Sedangkan untuk torsinya, tersedia mulai dari 1.800 Nm hingga 2.300 Nm yang dihasilkan pada putaran mesin antara 1.100 rpm sampai 1.240 rpm.

Dilengkapi transmisi otomatis yang mudah dioperasikan

Berlanjut ke model Arocs, varian ini tersedia dalam 6 pilihan tenaga, mulai dari 350 dk (2536 A 4x4) hingga 449 dk yang dihasilkan pada putaran mesin 1.600 rpm. Untuk torsinya, hadir mulai dari 1.800 Nm sampai 2.200 Nm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut lantas disalurkan melalui transmisi otomatis Mercedes Powerhift 3, 16 percepatan untuk tipe off road (16 maju + 2 mundur), serta 12 percepatan untuk tipe on road (12 maju + 2 mundur).

Mercedes-Benz mengatakan, sistem transmisi canggih dan presisi yang digunakan kedua truk ini, memungkinkan perpindahan gigi 30% lebih cepat dan bahan bakar hemat hingga 20%.

Dari depan perbedaan antara Actros dan Arocs paling terlihat di bagian grill

Dari segi keamanan, ada empat fitur sistem keamanan yang dimiliki Actros dan Arocs (optional). Pertama, Active Brake Assist 4, yakni sistem rem otomatis untuk menghindari kecelakaan. Sistem ini dilengkapi dengan radar dan kamera untuk mendeteksi adanya objek bergerak atau diam di depannya.

Sejumlah pengaturan bisa dilakukan melalui setir

Kedua, Proximity Control Assist With Stop-And-Go Function, yakni sistem elektronik untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Ketiga, Lane Keeping Assist, yakni sistem elektronik yang memberikan peringatan kepada pengemudi jika kendaraan keluar dari jalur.

Interior terbilang mewah

Terakhir atau keempat, adalah Attention Assist, sebuah sistem yang dapat mendeteksi tingkat kelelahan pengemudi. Sistem ini dapat memberikan peringatan kepada pengemudi agar tetap terjaga selama berkendara.

Baca Juga: Saking Entengnya, Seekor Hamster Pun Bisa Nyetir Truk Volvo

Semua fitur tersebut dirancang untuk membuat kedua truk tersebut sebagai kendaraan ramah pengemudi. Kedua truk ini juga menjadi truk 8x4 pertama di dunia yang memiliki sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering. Fitur ini membantu memudahkan driver saat mengemudikan truk ini saat membawa beban berat.

Dilengkapi beragam fitur canggih

Kemudian, kedua truk itu dibangun di atas sasis kokoh setebal 9 mm, terbuat dari material SC600MC dengan Tensil Strength 650-820 Mpa. Sasis tersebut lebih tebal 2 mm dibanding dengan generasi sebelumnya, sehingga menghasilkan kekuatan yang lebih mumpuni.

Panel instrumen digital

Kabin Actros dan Arocs dilengkapi instrumen canggih, memberikan kemudahan dalam pengoperasian dan keamanan untuk pengemudi. Seperti driver airbag, start stop engine, multu function steering wheel, power window dan central lock, rear air suspension adjuster, lamp switch options serta comfortable seats.