POPULAR STORIES

Saking Entengnya, Seekor Hamster Pun Bisa Nyetir Truk Volvo

Saking Entengnya, Seekor Hamster Pun Bisa Nyetir Truk Volvo Truk Volvo FMX (youtube)

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia, sebagai pemegang merek truk Volvo di tanah air, baru saja memperkenalkan teknologi bernama Volvo Dynamic Steering, yang disematkan ke dalam produk buatannya.

Secara sederhana, teknologi itu beroperasi menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Baca juga: Keunggulan Sistem Dynamic Steering Pada Truk Buatan Volvo

Volvo mengatakan, bahwa dengan penggunaan sistem ini, membuat setir menjadi jauh lebih ringan. Bahkan dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85%.

Sedikit modifikasi dilakukan pada bagian roda kemudi

Jurn Terpstra, MD Volvo Truck Indonesia mengatakan, pada kecepatan rendah, bantuan motor listrik membuat truk ini jadi sangat mudah dikendalikan. "Bahkan truk konstruksi yang sarat muatan yang berjalan di jalan ‘off-road” yang kasar bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun. Ada perumpamaan, seekor hamster pun bisa menyetir truk".

Ternyata apa yang dikatakan Jurn bukan sekadar perumpaan, karena dalam video resmi yang dikeluarkan Volvo, memperlihatkan seekor hamster benar-benar bisa 'menyetir' truk dalam sebuah uji coba.

Video ini sengaja dibuat untuk membuktikan bagaimana fitur Volvo Dynamic Steering bekerja meringankan putaran kemudi sebuah Volvo FMX bertonnase besar yang bisa diputar oleh seekor hamster mungil bernama Charlie.

Sedikit modifikasi dilakukan pada roda kemudi, dengan menempelkan roda berkisi-kisi seperti bagian kipas angin. Roda itulah yang kemudian akan dimainkan Charlie seiring arah manuver yang diinginkan untuk menggerakan kemudi truk.

Baca juga: Ini Perbedaan Harga Truk Volvo Non VDS Dengan VDS

Video itu terlihat ekstrim karena dilakukan persis di jalan berbatu dengan jurang dalam di sampingnya. Namun Charlie dengan mudah memutar setir truk Volvo dengan kaki-kaki mungilnya hingga menyentuh garis finis.

Seorang pengemudi terlatih, Seon Rogers tetap berada di bangku pengemudi untuk mengoperasikan pedal-pedal serta mengarahkan pergerakan Charlie. Langsung simak aja nih videonya: