POPULAR STORIES

Intip Teknologi Tim Ducati Lenovo Di MotoGP 2024

Intip Teknologi Tim Ducati Lenovo di MotoGP 2024 Intip Teknologi Tim Ducati Lenovo di MotoGP 2024 (Ducati Lenovo Team)

KabarOto.com - Musim MotoGP berikutnya akan segera dimulai, dan Tim Ducati Lenovo bersiap-siap untuk menghadapi kompetisi. Pada acara "Champions on the track" Ducati Corse di Madonna di Campiglio, Italia, Lenovo menguraikan jajaran teknologi yang akan membantu tim untuk memperebutkan gelar juara di tahun 2024.

"Tidak diragukan lagi, pertarungan akan sangat berat, dan kami sangat bersemangat untuk terus bekerja sama dengan tim. Tujuannya bukan hanya untuk memperebutkan gelar juara, tetapi juga untuk membuat kemajuan teknis yang dikembangkan untuk lintasan balap, yang dapat diakses oleh semua orang, misalnya dalam portofolio street bikes Ducati," ujar Luca Rossi, President Intelligent Devices Group Lenovo.

Selama setiap akhir pekan balapan, Ducati Corse mengumpulkan total 100GB data dari delapan motor Ducati Desmosedici GP yang berpacu di lintasan, yang masing-masing dilengkapi dengan sekitar 50 sensor.

Baca Juga: Test Ride Ducati Monster 937, Ukir Sejarah Jadi Paling Ringan Dan Lincah

Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan analisis data di lintasan balap, musim 2024 akan melihat pengenalan Lenovo ThinkAgile hyperconverged infrastructure (HCI) di garasi Ducati Lenovo Team.

Infrastruktur yang dioptimalkan dengan AI ini akan mendukung perangkat pembelajaran mendalam dan pembelajaran mesin Ducati, yang digunakan untuk meningkatkan kinerja, keandalan, dan keamanan motor balap Ducati, serta untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari sensor motor dan lintasan.

Ducati Corse juga memanfaatkan Ducati Lenovo Remote Garage, yang memungkinkan para insinyur yang berbasis di Borgo Panigale (Bologna) untuk menerima data secara real time dari garasi, melakukan analisis, dan berkolaborasi secara lancar dengan tim di lapangan untuk mengoptimalkan pengaturan motor sebelum kembali ke lintasan.

Baca Juga: Tak Puas Ingin Jajaki Motocross Di 2024, Ducati Juga Ingin Libas Balap Moto3

Workstation mobile Lenovo ThinkPad P1 mengikuti para insinyur elektronik Tim hingga ke garis start, hanya beberapa menit sebelum balapan, saat pengaturan motor diselesaikan.

Workstation Lenovo klaimnya memungkinkan Ducati Corse untuk mengumpulkan dan menganalisis total 200GB data per sirkuit, memungkinkan Ducati Corse untuk menerima hingga 2,6 juta titik data setiap detiknya (255 MB/dtk) hanya dari sensor LiDAR (Light Detection And Ranging).