Investasi Pirelli Di Formula 1 Setara Dengan Tim Balap Formula 1 Musim 2015

Investasi Pirelli Di Formula 1 Setara Dengan Tim Balap Formula 1 Musim 2015 Ban balap merk Pirelli (foto: skysports.com)

Direktur Motorsport Pirelli Paul Hembery dalam wawancaranya dengan situs autosport telah menyebutkan bahwa jumlah dana yang digelontorkan Pirelli untuk balapan Formula 1 menyamai dana riset dan pengeluaran rutin tim papan atas. Hembery merasa bahwa kontribusi pabrikan ban tersebut dalam balap jet darat telah diremehkan dan ia menyebutkan bahwa dana yang Pirelli keluarkan tidak hanya dalam hal riset ban, namun juga sebagai sponsor balapan.

Direktur Motorsport Pirelli Paul Hembery (foto: skysports.com)

Hembery juga menyebutkan bahwa Pirelli masih mempertimbangkan untuk meneruskan kerjasama di Balap F1 musim 2017 karena masalah biaya. "Keputusan ini sangat besar bagi kami karena biayanya sangat mahal. Anda harus ketahui bahwa kami (Pirelli) selain sebagai sponsor balap dan tim juga bertindak sebagai pemasok ban di sektor teknis balapan, dan biaya yang kami keluarkan jauh lebih besar daripada sponsor tim normal." Ujarnya.

"Mungkin lebih baik bagi kami hanya untuk men-sponsori tiap balapan saja karena biaya yang dibutuhkan hanya 1/3 biaya yang kami keluarkan sekarang dan hal itulah yang banyak yang tidak dimengerti oleh banyak orang. Kami tidak mendapatkan sepeser-pun dari hak komersial balap, jadi pengeluaran kami pun lebih besar dibanding pihak lain, kecuali dibandingkan dengan biaya dari pemasok mesin." lanjut Hembery.

Berdasarkan besaran dana yang Pirelli keluarkan berada di kisaran 110 juta dollar AS, hal tersebut menjadi pertanyaan apakah dana tersebut sepadan dengan kembalinya Pirelli di Formula 1 tahun 2011 yang lalu. Hembery pun menyebutkan bahwa Formula 1 masih bisa berbuat lebih baik lagi.

"Olahraga ini masih kuat secara historis di Eropa dan Amerika Selatan, terutama Brazil, namun Formula 1 perlu lebih eksis di Asia dan Amerika Utara. Kami butuh penonton baru di region tersebut. Bukan hanya sekedar alasan sepele kami terlibat di Formula 1, kami berada disini karena hal ini sangat masuk akal bagi bisnis kami dan olahraga ini membutuhkan kami. Tapi bila mereka tidak menghargai peran kami dan tidak menyukai keterlibatan kami disini, maka kami akan melakukan hal lain diluar Formula 1."

Baca juga: