POPULAR STORIES

IOF Sulawesi Selatan Kerahkan 20 Mobil Offroad Bantu Korban Banjir Masamba

IOF Sulawesi Selatan Kerahkan 20 Mobil Offroad Bantu Korban Banjir Masamba Parepos, Radarsulbar, Detik

KabarOto.com - Komunitas mobil off-road Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan bantuan dan mengevakuasi warga sakit di daerah bencana banjir bandang di Desa Maipi, Kabupaten Masamba, Luwu Utara (Lutra). Puluhan mobil off-road dikearahkan untuk membuka jalur dan menerjang sungai yang jadi akses jalanan terputus akibat bencana.

Komunitas yang tergabung dalam Indonesia Off Road Federation (IOF) menempuh perjalanan dari Masamba ke desa Maipi dengan waktu kurang lebih tiga jam untuk 10 km. Desa tersebut dipilih sebagai pusat bantuan karena sulitnya akses dan bantuan yang diberikan ke warga sekitar.

Para member IOF ambil keputusan bagaimana mencapai titik desa yang terisolir, desa ini belum terjamah belum datang bantuan secara masif baik dari pemerintah setempat atau bantuan lain.

"Alhamdulillah kami bisa tembus di tempat itu dengan berbagai rintangan pakai mobil 4x4 yang memang dirancang khusus untuk melewati medan-medan seperti ini," ujar Ketua IOF Pengda Sulsel, Adi Rasyid Ali.

Baca Juga: Kumpulkan Donasi Korban Bencana, Mossic Scooter X South Side Scoot Belah Jalan Tangerang Raya

Sesampainya di lokasi, para relawan langsung memberikan donasi berupa bahan makanan, pakaian, hingga alat-alat yang diperlukan pasca musibah banjir bandang melanda.

"Kami bisa membawa warga di sana yang sakit sudah sepuluh hari tidak dijemput oleh pemerintah setempat, mungkin karena faktor alam jalanan hancur boleh dikata terpotong dan tidak berbentuk jalan lagi," ungkap Adi.

Jenis mobil yang digunakan dalam aksi kemanusiaan tersebut diketahui berjenis jip dengan macam-macam jenis merek seperti Willys, Suzuki Jimny, hingga Toyota FJ Cruiser. Tak hanya itu, mereka juga turut membawa buldoser untuk membuka jalur berlumpur dan mobil double cabin untuk mengangkut bantuan.

"Ada dua puluh lebih mobil (off-road) membawa barang bahan makanan, perlengkapan bayi dan lain-lain. (Juga) Ada buldoser sebagai alat beratnya, mobil pikap untuk mengangkut bantuan," tutup ARA sapaan akrabnya.