POPULAR STORIES

Isuzu Dukung Kebijakan SRUT, Tawarkan Kendaraan Komersial Siap Pakai

Isuzu Dukung Kebijakan SRUT, Tawarkan Kendaraan Komersial Siap Pakai Pembelian Isuzu MU-X disertai SRUT (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menggelar diskusi tentang bagaimana Mudahnya Mendapatkan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT).

Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril menjelaskan, bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini untuk membangun awareness publik tentang kepatuhan terhadap regulasi transportasi angkutan yang berlaku secara resmi di Indonesia.

“Kami terus mendukung regulasi yang pemerintah lakukan dan terus mendorong customer untuk turut serta mematuhi kebijakan ini” tutur Attias.

Baca Juga: Jaga Kepuasan Konsumen, Isuzu Gunakan Strategi Double Striker

Diskusi Mudahnya Mendapatkan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT)

Pada kesempatan ini, Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi terkait Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Ujit Tipe (SRUT).

Dalam acara ini, Ir. Dewanto Purnacandra, M.T. selaku Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga menyampaikan bahwa pihaknya terus bertransformasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya menyampaikan bahwa hingga saat ini Kementerian Perhubungan tengah gencar menerapkan Program Elektronik SRUT (E-SRUT) yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan penerbitan SRUT.

“Nantinya APM atau diler bisa mencetak di mana saja pakai kertas blangko biasa, bisa di scan QR Code. Tentunya ini mempermudah dan mempercepat pelayanan penerbitan SRUT,” ujar Dewanto.

Baca Juga: Isuzu Lakukan Serah Terima 67 Unit All New Isuzu D-Max Double Cabin 1.9 Di GJAW 2023

Isuzu Traga

Dewanto menjelaskan, kendaraan komersial wajib memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT), sedangkan SRUT merupakan akte lahir sebuah kendaraan bermotor yang nantinya sebagai persyaratan utama untuk KIR pertama kalinya.

“Kalau kendaraan komersial lengkap itu langsung bisa mengajukan SUT, untuk selanjutnya menuju ke SRUT,” ujar Dewanto.

Selain mengajak konsumen untuk terus mematuhi regulasi yang dijalankan pemerintah tentang SRUT ini, Isuzu juga melakukan berbagai macam terobosan salah satunya adalah produksi Ready To Use (RTU) Unit atau kendaraan komersial yang siap digunakan langsung tanpa perlu melakukan proses karoseri sebab aplikasi sudah terpasang pada kendaraan.

Tercatat bahwa hingga saat ini, Isuzu sendiri memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT saat pembelian dilakukan. Produk tersebut antara lain adalah Isuzu Traga Pick Up, Isuzu Traga Box, Isuzu Giga Tractor Head, All New Isuzu D-Max 1.9 dan All New Isuzu mu-X 1.9.