Isuzu Siap Dengan Standar Emisi Euro 4

Isuzu Siap dengan Standar Emisi Euro 4 Truk Isuzu (KO/Deni)

KabarOto.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia siap mendukung program pemerintah yang mewajibkan semua kendaraan di Indonesia menggunakan standar Euro 4.

Baca juga: Ini Lohh, Canggihnya Fitur Mimamori Yang Ada Di Isuzu GIGA

"Kami senang pemerintah akan mengikuti standar Euro 4 untuk kendaraan bermotor. Karena memang kita harus sama-sama mendukung kemajuan negara Indonesia. Bahkan seperti Singapura, Thailand, dan lainnya sudah beralih ke Euro 4, bahkan lebih," ujar Ernando Demily, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Lebih lanjut Ernando mengatakan, Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai Euro 4. "Kami telah memiliki engine yang mendukung Euro 4 sejak tahun 2011, yaitu engine common-rail," jelasnya.

Isuzu Indonesia sendiri sejak tahun 2011 sudah meluncurkan produk Isuzu GIGA, sebagai kendaraan medium truk pertama yag menggunakan mesin commonrail. Dan pada ajang GIIAS 2018, Isuzu memperkenalkan ELF NMR 81, truk ringan pertama di Indonesia dengan mesin commonrail.

Untuk diketahui pula, bahan bakar standar yang mendukung spesifikasi Euro 4 harus sudah mengantongi nilai Research Octane Number yang disepakati, seperti RON 92, RON 95 serta solar 51. Tak hanya itu, standar BBM tersebut juga tak boleh mengandung kadar sulfur lebih dari 50 part per milion (perbandingan konsentrasi zat terlarut dan pelarutnya).

Sebelumnya, kewajiban menggunakan standar Euro 4 ini tertuang dalam Peraturan Menteri LHK Nomor P20/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2017. Di pasal 2 ayat 1 aturan itu menyebutkan setiap usaha dan kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru wajib memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi Gas Buang.