POPULAR STORIES

Jadi Model Terlaris, Kawasaki KLX Tak Terdampak Krisis Chip Semikonduktor

Jadi Model Terlaris, Kawasaki KLX Tak Terdampak Krisis Chip Semikonduktor Kawasaki KLX jadi tulang punggung penjualan KMI (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Meski krisis cip semikonduktor di berbagai negara langka, namun tidak membuat Kawasaki mengalami masalah karena komponen tersebut. Produksi untuk tulang punggung penjualan mereka tidak menggunakan chip semikonduktor.

Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), menjelaskan, penjualan mereka terbanyak adalah Kawasaki KLX150 dan W175. Dua tipe ini tidak menggunakan chip semikonduktor.

Baca juga: Ini Kawasaki Elektrode, Motor Listrik Mini Untuk Anak-anak

New Kasasaki KLX230 (Foto: kabarOto)

"Kebetulan produk volume maker Kawasaki seperti KLX 150 series dan W175 series tidak memakai semikonduktor, karena masih karburator dan speedometer analog," terangnya, di JIEXpo Kemayoran, belum lama ini.

Michael menambahkan, sejauh ini model-model yang dibuat di Indonesia masih dalam kategori aman, termasuk untuk Ninja 250. Tapi, untuk Ninja ZX-25R terkena imbas dari krisis ini, motor itu butuh chip semikonduktor, untuk model ABS.

Baca juga: Kawasaki KLX230S Dan KLX230SM Resmi Mengaspal, Harga Rp 49 Jutaan

"Ninja belum ada dampak, mungkin ZX-25R kena dampak di modul ABS," katanya. Kondisi tersebut, membuat konsumen ZX-25R harus menunggu inden lebih lama, karena pasokan chip terhenti sementara.

"Inden lebih lama sedikit, sekitar nambah satu bulan, bertambah dari waktu tunggu sebelumnya satu bulan," tambah Michael.