POPULAR STORIES

Jadi Produk Kelas Menengah Eneos, Ini Jenis-jenis Pelumas R-Max

Jadi Produk Kelas Menengah Eneos, Ini Jenis-jenis Pelumas R-Max Foto: Kipli

KabarOto.com - Berbagai macam pelumas untuk mesin mobil dan motor meramaikan pasar otomotif Indonesia. Spesifikasi yang variatif membuat konsumen bisa menentukan pilihan yang tepat untuk mesin kendaraan mereka. Salah satu merek yang mencoba bersaing di pasar pelumas adalah R-Max Series.

Pelumas R-Max Series sendiri adalah produk dari J-Star Tarim Lubrindo yang merupakan merek dagang dari Roki Co., Ltd.

"Kami sudah 60 tahun ada di pasar suku cadang dan belasan tahun memasuki pasar Indonesia. Awalnya, produk pertama kami adalah filter udara dan R-Max Series sendiri satu perusahaan dengan pelumas Eneos," ujar Hasan selaku Marketing J-Star Tarim Lubrindo.

Ia juga bilang kalau hingga saat ini, R-Max meluncurkan 3 jenis spesifikasi pelumas yang diperuntukkan bagi semua kendaraan yang ada di Indonesia.

"Meski kami konsentrasi di pasar menengah seperti R-Max-G, namun kami juga menyediakan pelumas premium yakni R-Max-P bahkan untuk keperluan balap yakni R-Max-R yang mungkin akan kami luncurkan setelah pandemi Covid-19 ini mereda," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Penantang Pelumas Premium, Ipone Incar Kegiatan Balap Motor Tanah Air

Tipe R-Max-G yang memiliki arti 'Global' yang menurutnya dapat diaplikasikan untuk mobil-mobil seperti Toyota Avanza, Daihatsu Ayla, Suzuki Ertiga dan lainnya. Sedangkan tipe R-Max-P yang memiliki arti 'Premium' bisa digunakan untuk mobil-mobil seperti Honda Civic, Mazda 6, Mitsubishi Pajero dan lainnya.

"Tipe Racing atau R-Max-R sebenarnya sudah dapat dipesan melalui kami, hanya saja belum sempat diluncurkan terkait Covid-19 tersebut, namun beberapa pembalap motocross atau grasstrack sudah menggunakan produk kami dan mengaku puas," ujarnya.

Viskositas atau tingkat kekentalan pelumas pun ditawarkan dengan berbagai jenis, untuk motor ada 20W-40, 10W-30 dan 10W-40 dengan rentang harga Rp 35 - 56 ribuan. Sedangkan untuk mobil tersedia beberapa tingkat kekentalan mulai dari 10W-40, 5W-30, 0W-20, 15W-30, 20W-50, 15W-40 dengan rentang harga Rp 60 ribu - 7,2 jutaan.

"Kami juga dengan bangga menyatakan produk ini sudah jadi OEM merek roda 2 dan roda 4 seperti Ducati, Renault, Triumph, Mazda dan lainnya," tutupnya.