POPULAR STORIES

Jaga Kondisi Mobil Di Masa PPKM, Simak Tips Berikut Sob!

Jaga Kondisi Mobil di Masa PPKM, Simak Tips Berikut Sob!

KabarOto.com - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang terkonsentrasi di wilayah Jawa dan Bali membuat masyarakat membatasi kegiatannya.

Hal tersebut juga berimbas pada kendaraan yang intensitas penggunaanya menjadi terbatas. Hal ini juga berimbas pada kendaraan yang intensitas penggunaannya menjadi terbatas. Mobil jadi jarang digunakan dan memerlukan perhatian ekstra untuk memastikan kendaraan tetap dalam keadaan prima.

Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mengatakan, “MG mendukung penerapan kebijakan PPKM Darurat dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selama penerapan PPKM Darurat ini, para pelanggan MG tidak perlu khawatir meski harus berada di rumah saja karena mereka dapat memanfaatkan fasilitas berbasis online dari MG.”

Baca Juga : 5 Tips Memilih SUV Compact Untuk Keluarga

Selain layanan online, MG juga menyarankan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap terawat.

1. Panaskan mobil 5 hingga 10 menit
Saat tidak digunakan, rutinitas memanaskan mobil tetaplah penting untuk dilakukan agar sirkulasi oli terjaga dan dapat tetap melumasi komponen-komponen di dalam mesin mobil dengan baik. Selain itu, rutinitas memanaskan mobil juga dapat menjaga daya aki agar tetap dapat bekerja secara maksimal dan tegangan listriknya tetap stabil.

2. Ubah posisi parkir
Pemilik mobil perlu mengubah posisi parkir mobil agar roda ban juga ikut bergerak. Hal ini dapat memastikan bentuk ban tetap ideal karena tidak bertumpu pada satu posisi tertentu dalam waktu yang lama. Selain itu, roda ban yang terlalu lama didiamkan juga dapat kehilangan tekanan udaranya dan mengempis dengan mudah.

Baca Juga : Tips Cegah Serangan Jantung Saat Mengemudi Mobil

3. Periksa bensin dan oli secara rutin
Mobil yang lama tidak terpakai dapat menimbulkan pengendapan pada bahan bakar dan oli yang disebabkan oleh tidak adanya tekanan pada mesin. Selain memanaskan mesin mobil secara rutin, jangan lupa juga untuk tetap memastikan bahwa mesin mobil memiliki level bahan bakar dan oli yang memadai.

4. Jaga kondisi interior
Berkurangnya penggunaan mobil selama masa PPKM Darurat juga dapat menyebabkan berkurangnya pertukaran udara di dalam kabin yang biasanya terjadi saat pengendara berada di dalam mobil. Hal ini menyebabkan kondisi interior mobil menjadi lebih lembap dan dapat memicu munculnya jamur.

Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi interior mobil, jangan lupa untuk tetap membuka jendela atau panoramic sunroof agar sirkulasi udara tetap terjaga.