5 Tips Memilih SUV Compact Untuk Keluarga

5 Tips Memilih SUV Compact untuk Keluarga

KabarOto.com - Tak bisa dipungkiri, sekarang ini mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) sedang banyak digemari. Alasannya banyak. Dari tampilannya yang garang nan gagah hingga ke kemampuannya dalam menaklukkan berbagai medan. Tak heran, jika kita lihat di jalanan sekarang, semakin banyak saja melihat mobil jenis ini berlalu-lalang. Baik itu SUV compact, mid-size, atau bahkan full-size.

Khusus untuk SUV Compact, kini jenis mobil tersebut banyak digunakan sebagai mobil keluarga. Alasannya tiada lain adalah karena fleksibel untuk berbagai keperluan, serta konektivitas dan kenyamanannya yang memadai.

Baca juga: Toyota Supra Milik tokoh Ikonik Brian O'Connor Terjual Rp7 Miliaran

Jika Sobat KabarOto tertarik juga untuk memiliki mobil SUV Compact untuk mobil keluarga? Boleh saja, akan tetapi pastikan Anda tidak salah pilih. Sebab tak semua jenis mobil SUV Compact itu pas untuk mobil keluarga. Berikut ini 5 tips untuk memilih mobil SUV Compact untuk dipakai sebagai mobil keluarga.

1. Pilih yang Fungsinya Bisa Serbaguna
Di dalam sebuah keluarga, setiap orang punya aktivitas masing-masing. Nah, memilih mobil keluarga tentu haruslah mampu mengakomodasi semua aktivitas para anggota keluarganya. Dari ke kantor, berbelanja, hingga sekolah, bahkan aktivitas liburan atau rekreasi, harus bisa menggunakan mobil tersebut.

SUV kompak yang serbaguna cocok untuk hal ini. Dia bisa memfasilitasi keluarga dengan ruangannya yang cukup luas. Bisa untuk membawa banyak barang keperluan juga. Dan misalnya saat dipakai untuk liburan, ke gunung atau ke pantai, mobil SUV ini juga tetap masih bisa. Jadinya, fungsinya serbaguna. Bisa untuk berbagai macam aktivitas.

2. Pilih yang Dimensinya Pas
Dimensi atau ukuran mobil SUV itu beraneka macam. Pun demikian dengan SUV compact. Untuk digunakan sebagai mobil keluarga, pilihlah SUV Compact dengan ukuran yang pas. Yakni SUV compact yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh serta kebutuhan keluarga Anda. Misalnya Anda banyak menggunakannya di jalan yang sempit. Maka pilih yang ukurannya tidak besar. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan.

Soal kapasitas juga demikian. Mobil SUV pada umumnya memiliki minimal 5 tempat duduk. Nah untuk dipakai sebagai mobil keluarga, pilih tempat duduk yang sebanding dengan jumlah anggota keluarga. Sebab selain tempat duduk utama yang minimal 5 itu, ada juga mobil SUV yang menawarkan dua hingga tiga kursi tambahan, yang umumnya berupa kursi yang bisa dilipat. Jika tidak digunakan, ruang kargo pun bisa menjadi lebih luas. Pun demikian juga dengan daya angkut barang. Bisa diperbanyak dengan tambahan roof rack di bagian atas.

3. Pilih Berdasarkan Fitur-fiturnya yang Bermanfaat
Dalam memilih mobil SUV compact untuk dipakai sebagai mobil keluarga, Anda tak bisa hanya terfokus pada tampilannya saja. Fitur-fitur yang dimilikinya juga harus diperhatikan.

Pada umumnya, mobil SUV compact itu tidak terlalu mewah. Mobil jenis ini banyak fokus pada perangkat audio sistem serta jok kulit yang nyaman untuk penumpang. SUV ini sangat mendahulukan kepraktisan. Teliti juga dengan fitur lainnya.

Misalnya saja sensor yang akan membantu Anda saat parkir. Kemudian juga fitur dual-zone air conditioning-nya, konektivitas telepon hands-free-nya, serta pengaturan kursi yang fleksibel, dan berbagai fitur lainnya. Pastikan, fitur-fitur yang ada di dalam mobil yang Anda pilih bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

4. Pilih Berdasarkan Performa Mesinnya
Compact SUV yang Anda pilih akan digunakan sebagai mobil keluarga. Jadinya akan digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Nah untuk ini, Anda tentu akan lebih baik jika memilih mobil yang hemat bahan bakar.

Untuk hal tersebut, Anda bisa pilih SUV compact yang mesinnya 4 atau 6 silinder saja. Kapasitasnya 1.500 cc atau mungkin 1.800 cc. Sebab dengan jumlah silinder dan kapasitas yang segitu, bahan bakar tidak akan terlalu boros. Lain halnya dengan mesin yang silindernya banyak. Semakin besar pula konsumsi mesin terhadap bahan bakar.

5. Pilih yang Harganya Sesuai Kemampuan
Mobil SUV memang punya harga yang di atas harga mobil jenis lain. Namun pun begitu tak semuanya mahal. Ada juga mobil SUV yang harganya terjangkau. Salah satunya ya compact SUV. Harganya berada di bawah Rp500 juta. Adapun jenis medium SUV, harganya itu di atas Rp500 juta, bahkan hingga Rp2 miliar.

Itu dia 5 tips memilih mobil SUV Compact untuk dipakai sebagai mobil keluarga. Pastikan kesemua tips tersebut masuk ke dalam mobil SUV Compact yang Anda pilih.

Baca juga: Profil Kia Sonet 7 Seater

KIA Sonet adalah salah satu dari sekian banyak mobil jenis SUV Compact yang bisa Sobat KabarOto pilih. Kesemua poin di dalam tips yang diuraikan ada padanya. Ya, dengan KIA Sonet Anda bisa mengakomodasi berbagai aktivitas seluruh anggota keluarga.

Dari yang fungsi pendukung pekerjaan dan sekolah, bahkan hingga aktivitas rekreasi. KIA Sonet juga memiliki dimensi yang pas, memiliki banyak fitur bermanfaat, dan juga memiliki performa mesin diandalkan.