Jaga Lingkungan Sekitar, Auto2000 Pasar Kemis Kelola Limbah Secara Komprehensif

Jaga Lingkungan Sekitar,  Auto2000 Pasar Kemis Kelola Limbah Secara Komprehensif Proses pengecatan di bengkel (Foto: Auto2000)

KabarOto.com - Sejalan dengan arah Sustainable Development Goals (SDGs), Auto2000 pelayanan Body & Paint (BP) memiliki tata kelola limbah komprehensif yang diklaim tidak berefek buruk pada lingkungan khususnya di sekitar area produksi.

Pada sektor produksi, limbah udara yang dibuang oleh bengkel BP Auto2000, secara periodik akan dilakukan pengukuran. Demi mendukung hasilnya tetap sesuai baku mutu, maka dilakukan analisa gas buang, perawatan combibooth, seperti penggantian berkala filter-filter, membuat sirkulasi udara dan pembersihan area pengecatan.

Baca Juga : Auto2000 Meresmikan Fasilitas Bodi Dan Cat Terbaru, Intip Fasilitasnya

Kemudian limbah pengecatan seperti cairan thinner bekas pencucian spray gun, juga dikelola dengan dikumpulkan di dalam drum. Cairan akan terpisah setelah sekian kurun waktu tertentu menjadi endapan di bagian bawah dan cairan thinner di bagian atasnya.

Tempat penyimpanan sementara limbah

Selanjutnya, cairan thinner ini dapat di reuse sebagai cairan pembersih combiboth dari overspray (o/s). Sedangkan bagian endapannya dibawa oleh transporter ke perusahaan pengelola limbah, untuk disuling kembali menjadi thinner siap pakai.

Baca Juga : Jual 96.971 Mobil, Auto2000 Klaim Capai Angka Tertinggi Selama Pandemi

Limbah pendempulan dialirkan melalui saluran khusus, disebut dengan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Selanjutnya yang terakhir ada limbah majun (atau kain) khususnya untuk pembersihan oli/thinner, yang juga dijadikan satu untuk dibawa transporter ke perusahaan pengelola limbah.

“Ini merupakan langkah nyata dari Auto2000 dalam mengurangi dampak negativ terhadap lingkungan, khususnya dari limbah di bengkel BP Auto2000. ,” tutur Antonius Irwan, GR&BP Service Head Auto2000 Pasar Kemis.