Jaguar Land Rover Dan BMW Group Stop Pengiriman Mobil Ke Rusia

Jaguar Land Rover dan BMW Group Stop Pengiriman Mobil ke Rusia Produk Jaguar Land Rover (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Jaguar Land Rover bersama BMW Group mengkonfirmasi bahwa mereka melakukan penangguhan pengiriman mobil ke Rusia.

“Prioritas pertama Jaguar Land Rover adalah kesejahteraan seluruh tenaga kerja kami dan keluarga mereka, serta mereka yang berada dalam jaringan kami. Konteks global saat ini juga memberi kami tantangan perdagangan sehingga kami menghentikan pengiriman kendaraan ke pasar Rusia dan terus memantau situasi atas nama basis pelanggan global kami,” tulis Jaguar Land Rover dalam keterangan resminya.

Baca juga: FIA Perbolehkan Pembalap Rusia Berpartisipasi

Sementara itu, BMW Group mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka akan berhenti mengekspor mobil baru ke Rusia dan menghentikan perakitan kendaraan di pabrik mitra lokal Avtotor Rusia di Kaliningrad di mana mereka telah memproduksi lebih dari 261.000 mobil sejak 1999.

"Grup BMW mengutuk agresi terhadap Ukraina dan mengikuti perkembangan dengan sangat prihatin dan cemas. Sebagai perusahaan global, BMW Group berdiri untuk hidup berdampingan secara damai dari berbagai budaya di seluruh dunia setiap hari dan di semua lokasi. Pikiran karyawan BMW Group ada pada semua orang yang harus mengalami penderitaan dan kehilangan dalam perang ini,” jelas BMW Group.

Baca juga: Grup Volvo Hentikan Pengiriman Kendaraan Ke Rusia

Sebelumnya, General Motors adalah salah satu perusahaan pertama yang mengumumkan akan menangguhkan ekspor kendaraan ke Rusia setelah invasi ke Ukraina. Langkah tersebut mengikuti penerapan sanksi Amerika Serikat terhadap negara tersebut.

General Motors tidak lagi mengoperasikan fasilitas manufaktur di Rusia setelah menjual sahamnya di Avtovaz, yang sekarang dimiliki oleh Renault. Namun, pabrikan mengoperasikan perusahaan penjualan nasional untuk pasar Rusia dan CIS dengan kendaraan yang bersumber dari Amerika Utara dan Korea Selatan.

Sejauh ini, General Motors, BMW, Jaguar Land Rover, Volkswagen, dan Daimler termasuk di antara merek yang telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan pengiriman ke Rusia.