Jaguar Vision Gran Turismo SV, Konsep Virtual Bertenaga Buas

Jaguar Vision Gran Turismo SV, Konsep Virtual Bertenaga Buas

KabarOto.com – Perilisan seri teranyar game balap mobil Gran Turismo 7 yang akan hadir untuk konsol PlayStation 5, akan jadi samgat menarik bagi para pembalap virtual. Selain grafik semakin baik, juga ada mobil-mobil baru nantinya.

Salah satunya adalah dari Jaguar yang meluncurkan Vision Gran Turismo SV, yakni sebuah mobil konsep virtual balap ketahanan berbasis fully electric. Mobil ini sendiri dikembangkan dari Vision Gran Turismo Coupe, menggabungkan beberapa desain seperti tipe C, tipe D, XJR-9 dan XJR-14.

“Vision GT SV adalah mobil konsep dan menawan secara visual, menampilkan apa yang mungkin dilakukan ketika batasan mengatur desain mobil dunia nyata benar-benar dihilangkan. Kami dapat menampilkan versi paling ekstrem dari mobil balap listrik Jaguar, terinspirasi oleh masa lalu tetapi terlihat tanpa rasa takut ke masa depan,” ujar Julian Thompson selaku Direktur Desain Jaguar.

Baca Juga : Tesla Bangun Basis Produksi Di Tiongkok

Motor listrik dari mobil ini digambarkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.903 dk dan torsi 3.360 Nm. Menggunakan penggerak empat roda dan vektor torsi agar ban masih mendapat traksi. Akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu 1,65 detik, dan kecepatan maksimum 410 kpj.

Baca Juga : Nissan Magnite Meluncur Di Indonesia, Harga 2X Lebih Mahal Dari India

Walau hanya berkonsep virtual, namun desain dari mobil ini telah dihitung sedemikian rupa dan bukan asal keren loh. Bentuk bodinya sengaja dibuat seperti itu agar lebih aerodinamis, lalu desain splitter depan dan spoiler memungkinkan mobil agar mendapat efek downforce maksimal, sehingga stabil saat kecepatan tinggi dan menikung.

“Semua fitur aerodinamis telah dioptimalkan dengan susah payah melalui analisis dinamika fluida komputasi mutakhir, dengan cara persis sama yang kami lakukan dengan proyek-proyek dunia nyata seperti mobil balap Jaguar I-TYPE Formula E,” jelas Michael O’regan selaku Insinyur Senior Aerodinamika Jaguar SV.