POPULAR STORIES

Jajal Toyota Safety Sense Pada All New Veloz, Seperti Apa?

Jajal Toyota Safety Sense pada All New Veloz, Seperti Apa? Dok : Toyota

KabarOto.com – All New Toyota Veloz terbaru sudah memiliki TSS (Toyota Safety Sense), beberapa fitur aktif pun disematkan seperti fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang dirancang untuk membantu mengurangi resiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan.

Namun walaupun memiliki fitur secanggih ini, banyak dari pemilik All New Veloz yang hanya mengetahui bahwa fitur tersebut ada, tapi tidak mengetahui bagaimana cara kerjanya. Oleh karenanya KabarOto pun sempat menjajal secara langsung, dan akan menjelaskan ke Sobat kabarOto bagaimana dan kapan fitur itu berfungsi.

Baca juga: Penjualan Toyota Mencapai 108.874 Unit, Avanza Dan Veloz Terbanyak

Dalam Toyota Media Experience bertajuk #safejakarta ini, KabarOto diberi kesempatakan merasakan fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, serta Pedal Missoperation Control.

Perlu diketahui, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking akan bekerja saat pengemudi lengah, sensor akan mendeteksi objek di depan mobil, dan menyala ketika pengemudi tidak melepas gas walau objek sudah hampir tertabrak.

Fitur bisa berfungsi dengan syarat pedal gas diinjak secara konstan, tanpa terlepas ataupun ditambah ketika mendekati objek. Namun apabila pengemudi melepas gas atau menambah gas saat objek sangat dekat, maka fitur tidak bekerja. Alasannya karena sensor mendeteksi pengemudi masih dalam keadaan sadar.

Baca juga: Toyota New C-HR Hybrid Dibekali Fitur Keselamatan TSS

Sementara Pedal Missoperation Control, berfungsi saat pengemudi yang seharusnya menginjak pedal rem, tapi tidak sengaja menginjak pedal gas. Hal ini biasa kita temui saat memarkirkan mobil, tak jarang terjadi kecelakaan karena salah injak pedal.

Saat fitur bekerja, walaupun keadaan di depan ada objek, bila kita injak pedal sedalam mungkin, mobil tidak akan bergerak dan gas terasa kosong.

TSS sendiri terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre Collision Braking, Lane Departure Warning and Lande Departure Prevention, Front Departure Alert, Pedal Miss Operation Control, Rear Crossing Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitoring (BSM).

Jadi memiliki manfaat keselamatan sekali fitur di atas tadi. Sebagai informasi, All New Veloz memakai mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga maksimalnya mencapai 104,5 dk pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm.

All New Veloz Q CVT TSS dibanderol Rp 291.500.000 on the road Jakarta.