POPULAR STORIES

Jakarta Coret, Gelaran Seniman Yang Gandeng Skena Motoran

Jakarta Coret, Gelaran Seniman yang Gandeng Skena Motoran Kipli/ KabarOto

KabarOto.com - Jakarta Coret, merupakan acara para pelaku seni custom painting yang mendukung skena motoran.

Hal ini berbeda dengan acara custom culture lain yang menyajikan motor custom sebagai elemen utama.

"Karena Jakarta Coret justru didominasi oleh karya dari pelaku custom painting yang menggandeng skena motoran," ujar Nova Gunawan, salah satu Inisiator Jakarta Coret.

Baca Juga: Dari Kendaraan Hingga Alat Rumah Tangga, Artwork Ini Bisa Penuhi Hasrat Custom Culture

Event Jakarta Coret yang merupakan movement khusus bagi para pegiat custom painting yang sukses digelar dengan dukungan 50 artisan.

Event yang berlangsung di Carburator Springs Cafe, Jakarta Selatan ini sebagai panggung bagi para artisan yang ada dalam skena custom culture.

Jika melihat perkembangan skena motor klasik dan custom di tanah air tidak memang lepas tangan-tangan terampil yang ada di belakangnya. Mereka ikut berkontribusi menghasilkan karya terbaik meskipun ada dibalik layar.

Berbeda dengan acara Kustom Kulture lain yang menyajikan motor custom sebagai yang elemen utama, kegiatan ini didominasi oleh karya dari pelaku Custom Painting.

Baca Juga: Pemula Mau Belajar Handpainting? Simak Tips Dari Nova Tigabelas (NF.13)

“Jadi di event merupakan wadah tampilnya teman-teman Pelaku Custom Paint, Kustom Graphics, Painter, Pinstriper, dan Illustrator yang kami sebut sebagai Pelaku Grafis yang memiliki daya tarik tersendiri di skena Kustom Kulture,” jelas Nova Gunawan yang biasa disapa Nova13 sebagai salah satu penggagasnya.

Acara Jakarta Coret 2022 ini digagas oleh Kuas Kastem Klan yang di wakili Oleh Nova Gunawan, ada Ones dari House Of peace (HOP) dan Fikri dari movement Gigs and Gas yang ikut membatu menjalankan event ini.

Kuas Kustom Klan merupakan sebuah pergerakan Kustom Painting kolektif yang kerap berpartisipasi pada kegiatan yang melibatkan gambar pada acaranya.

Para artworker yang tergabung dalam Kuas Kustom Klan inilah yang awalnya berinisiasi membuat gelaran kustom kulture bertajuk Jakarta Coret 2022.

Nah, yang istimewa pada event Jakarta Coret merangkul seluruh artisan baik yang sudah punya jam terbang tinggi ataupun yang baru memulai menggeluti dunia painting.

“Salah satu sudut venue kita sulap menjadi menjadi galeri yang menampilkan 30 karya artisan yang juga melibatkan seniman grafis dari luar Jakarta. Karya mereka ini ditorehkan dalam media gergaji kayu menampilkan kreativitas masing-masing,” lanjut Nova.

Tidak hanya itu Jakarta Coret juga ikut menggandeng event sejenis sebagai collective movement untuk ikut support. Seperti Dip and Drag dari Bandung, Dragin Kolors (Sukabumi-Bogor), Solid Line dari Bali, dan Kustom Jurney juga dari Bandung.



Konten Program Jakarta Coret

Lokakarya :
Workshop yang mempertemukan pelaku grafis untuk saling berbagi kemampuannya berkarya dalam sebuah kelas.

Kasatmata :
showcase pameran karya dari pelaku grafis yang dituangkan kedalam sebuah objek seperti helm.

Gambaroda :
Showbikes pameran karya grafis dengan media sebuah motor custom.

Kuasama :
live painting membuat karya selama acara berlangsung, kegiatan bersama dan perorangan dalam subjek ini.

Kata Karya :
Talkshow diskusi oleh pelaku grafis mengenai segala aspek yang digunakan saat berkarya