POPULAR STORIES

Jalan Sudirman - Thamrin Akan Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2021

Jalan Sudirman - Thamrin akan Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2021 jalan MH Thamrin

KabarOto.com - Polda Metro Jaya rencananya akan menutup beberapa ruas jalan di Ibu Kota Jakarta saat malam pergantian tahun 2021. Penutupan ini untuk pejalan kaki dan juga kendaraan bermotor. Hal ini untuk mencegah kerumunan massa di tengah Pandemik Covid-19 yang masih mengancam.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Kepolisian akan mengkonsep lagi lebih detail lagi mengenai car free night bahkan crowd free night. "Di jalan Sudirman sampai Thamrin kita rencanakan tidak boleh dilewati kendaraan dan tidak boleh dilewati manusia," terang Sambodo, Senin (29/12).

Baca Juga: Tahun Baruan Di Puncak Naik Mobil? 2 Hal Ini Harus Di Perhatikan

Dia menjelaskan, rencana penutupan total jalanan Ibu Kota Jakarta tersebut karena konsep "car free night" tetap berpotensi menimbulkan kerumunan massa. "Jadi tidak hanya kendaraan tetapi juga orang yang bersepeda, berjalan dan sebagainya tidak boleh," tegasnya.

Jalan Jenderal Sudirman

Beberapa titik yang nantinya akan dijaga oleh petugas, karena menurut dia, selama ini car free night yang diterapkan, membuat orang naik sepeda dan segala macamnya, sehingga menimbulkan kerumunan.

Jalan akan ditutup mulai pukul 20.00 WIB, dan belum tahu sampai kapan akan dibuka kembali. "Kemungkinan mulai pukul 20.00 WIB sampai pagi, apakah pukul 03.00, 04.00 atau 06.00 WIB pada 1 Januari," tambahnya.

Hal itu menurut Sambodo akan dibicarakan detailnya dengan instansi terkait, seperti PHRI atau pengusaha hotel, tempat umum yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga akan melakukan penyekatan perbatasan Bekasi-Jakarta, Depok-Jakarta, Tangerang-Jakarta yang menjadi akses menuju Jakarta saat malam Tahun Baru.

Baca Juga: Masuki Akhir Tahun, Ini Tips Membeli Mobil Baru

Penyekatan tersebut menurut Sambodo untuk menghalau konvoi massa yang menuju ke Jakarta. "Agar konvoi-konvoi yang mau masuk Jakarta dari wilayah tersebut bisa kita putar balik," terangnya.