POPULAR STORIES

Tahun Baruan Di Puncak Naik Mobil? 2 Hal Ini Harus Di Perhatikan

Tahun Baruan di Puncak Naik Mobil? 2 Hal Ini Harus di Perhatikan Penutupan jalur Puncak, Jawa Barat

KabarOto.com - Libur akhir tahun belum usai, masih ada tahap dua pada pergantian tahun 2021 mendatang yang jatuh pada akhir pekan ini.

Jika Anda berniat pergi liburan bersama keliarga ke Puncak, Jawa Barat, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama jalur puncak ini akan ditutup pada 31 Desember 2020 sejak pukul 18.00 WIB dan akan dibuka kembali pada 1 Januari 2021 pada pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: Skenario Pertamina Distribusikan BBM Ke Jalur Puncak Saat Malam Tahun Baru

Hal itu dinyatakan oleh Iptu Dicky Anggi Pranata, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor. Untuk Anda yang sudah berniat menuju kawasan Cianjur, Jawa Barat Polres Bogor memberikan jalur alternatif, yaitu Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalang-Cianjur.

Jarak tempuh melalui jalur ini 87 Km waktu tempuh sekiar 3 jam. Jalur alternatif kedua masuk tol Bocimi kemudian keluar di Cigombong, untuk kemudian masuk ke kota Sukabumi sampai Cianjur. Jalur ini estimasi perjalanan 3 jam lebih.

Jalur menuju Puncak saat macet

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, akhir pekan lalu menyatakan, “Jalur Puncak akan diberlakukan satu arah selama operasi lilin Lodaya 2020 pada 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Pada 31 Desember 2020 menjelang malam tahun baru 2021 akan diberlakukan sistem buka tutup situasioal," terangnya.

Situasional yang dimaksud Polisi akan melihat situasi dan kondisi kepadatan arus lalu lintas, berdasarkan penerapan protokol kesehatan.

Hal kedua yang harus dipersiapkan, jika ingin berlibur ke Puncak, membawa hasil rapid test antigen. Agar nanti perjalanan bisa nyaman karena bebas dari virus Corona. Di jalur Gadog, akan ada petugas yang akan memeriksa di jalan.

Pekan lalu, saat libur Natal, ratusan kendaraan baik roda dua dan roda empat diputar balik karena tidak bisa menunjukkan hasil tes yang berlaku tiga hari sebelum keberangkatan.

Bupati Bogor Ade Yasin beberapa waktu lalu, mengimbau warga dan wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan Puncak, Bogor, untuk membawa hasil rapid antigen bebas Covid-19.

Baca Juga: Jalur Puncak Ditutup, Ini Rute Alternatif Bogor-Jakarta Via Kota Sukabumi

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati Bogor ini menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan, berlaku pada libur Natal 23 - 25 Desember 2020. Selanjutnya berlaku pada libur Tahun Baru 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.