POPULAR STORIES

Jalur Puncak Ditutup, Ini Rute Alternatif Bogor-Jakarta Via Kota Sukabumi

Jalur Puncak Ditutup, Ini Rute Alternatif Bogor-Jakarta Via Kota Sukabumi Ilustrasi jalur Puncak

KabarOto.com - Tak terasa, pergantian tahun 2019 menuju 2020 tinggal menghitung hari. Momen pergantian tahun tersebut, kerap digunakan oleh masyarakat untuk berlibur dan merayakan bersama keluarga.

Banyak tempat wisata, yang menjadi salah satu destinasi untuk merayakan malam pergantian tahun. Salah satu tempat favorit masyarakat adalah kawasan Puncak, di Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Profil - Spesifikasi Lengkap Skuter Roda 4 Qooder

Guna mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, saat ini Polres Bogor sedang melakukan sejumlah persiapan rekayasa lalu lintas. Salah satunya adalah rencana memberlakukan car free night, sehingga jalur Puncak akan ditutup untuk kendaraan.

Rute jalu alternatif

Menurut jadwal, penutupan akan dilakukan mulai 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB, sampai dengan tanggal 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB. Kota Sukabumi, bakal menjadi lintasan alternatif arus kendaraan menuju Bogor-Jakarta.

"Ada dua alternatif untuk kendaraan yang bisa dilalui mulai dari dalam kota atau melalui jalur Lingkar Selatan. Kita tempatkan petugas di setiap jalur untuk mengarahkan pengemudi ketika terjadi kepadatan," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti, Minggu (22/12/2019).

Di dalam kota, pengendara bisa melintasi Jalan Raya Sukalarang, Jalan Raya Sukaraja, Jalan RA Kosasih, Jalan Siliwangi, Jalan RS Syamsudin, Jalan Bhayangkara, Jalan KH Sanusi, Jalan Raya Cisaat dan Jalan Raya Cibolang. Ini juga berlaku untuk kendaraan yang melintas dari arah sebaliknya.

Baca Juga: Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun

Kemudian untuk pengendara yang melintasi Jalan Lingkar Selatan, bisa melalui Jalan Sukalarang, Jalan Sukaraja, Simpang Selakaso, Jalan Pembangunan, Jalan Lingkar Selatan dan tembus ke Jalan Cobolang, berlaku untuk arus sebaliknya.

"Pastikan pengendara mematuhi petugas yang kami tempatkan di titik-titik tersebut terutama di persimpangan. Rambu peringatan juga terpasang di sepanjang jalan pengendara patuh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," pungkas Atik.