POPULAR STORIES

Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun

Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun Ilustrasi jalur Puncak

KabarOto.com - Tak terasa, pergantian tahun 2019 menuju 2020 tinggal menghitung hari. Momen pergantian tahun tersebut, kerap digunakan oleh masyarakat untuk berlibur dan merayakan bersama keluarga.

Banyak tempat wisata, yang menjadi salah satu destinasi untuk merayakan malam pergantian tahun. Salah satu tempat favorit masyarakat adalah kawasan Puncak, di Bogor, Jawa Barat.

Guna mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, saat ini Polres Bogor sedang melakukan sejumlah persiapan rekayasa lalu lintas. Salah satunya adalah rencana memberlakukan car free night.

Baca Juga: Profil - Mercedes-Benz New GLE 450 4MATIC AMG Line

Menurut jadwal, kegiatan malam bebas kendaraan (car free night) tersebut akan berlaku mulai pukul 18.00 WIB pada Selasa 31 Desember 2019, hingga Rabu 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

"Penutupan akan dilakukan di enam titik akses menuju jalur wisata alam tersebut," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri.

Informasi jadwal car free night Puncak

Lebih lanjut ia menjelaskan, skemanya dimulai dari Pos Interchange 1 B, SPBU Patung Ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari, dan Gunung Mas.

Fadli menambahkan, persiapan car free night dimulai dengan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, agar masyarakat lebih mengetahui tentang jadwal pemberlakuan car free night. Baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media sosial.

Untuk mengatasi kemacetan di kawasan Puncak

"Car free night bertujuan membatasi kendaraan menuju Puncak pada saat malam pergantian tahun baru 2020. Kami mengimbau masyarakat yang akan mengarah ke Puncak untuk dapat mengikuti waktu penutupan," jelas Fadli.

Ia menambahakan, dengan begitu warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Puncak bisa mengatur waktu. Sebab setelah diberlakukan, tidak ada lagi kendaraan yang diberikan akses menuju Puncak.

Baca Juga: Hyundai Nexo Pecahkan Rekor Tempuh Jarak Terjauh Sekali Pengisian Hidrogen

Bagi warga dari arah Jakarta yang ingin menuju Cianjur, Fadli memberikan dua pilihan rute alternatif. Pertama Cibubur - Cianjur via Jonggol, dengan rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur.

Rute berjarak 86.1 km tersebut, dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 45 menit. Sedangkan alternatif kedua adalah Ciawi-Cianjur, dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur. Jarak rute tersebut adalah 88.6 km dengan waktu tempuh 3 jam 41 menit.