POPULAR STORIES

Jalan Tol Cisumdawu Terus Kebut, Target Selesai 2021

Jalan Tol Cisumdawu Terus Kebut, Target Selesai 2021

KabarOto.com - Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat masih dalam tahap pembangunan. Ruas tol ini ditargetkan bakal selesai akhir 2021 mendatang. Berjumlah 6 seksi, Tol Cisumdawu akan tersambung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati.

Apabila Jalan Tol ini sudah selesai dibangun, diharapkan ke depannya bisa meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Saat ini Bandara Kertajati sudah mulai beroperasi.

Baca Juga: Penyesuaian Tarif Tol Cipularang Dan Tol Padaleunyi Ditunda

Dipaparkan lebih rinci, untuk Seksi 1 Cileunyi - Rancakalong sepanjang 10,57 km saat ini proses konstruksi sudah mencapai 58,56 persen. Seksi 2 Fase I dari Rancakalong - Ciherag sudah selesai tahun 2017, sementara Fase II Ciherang - Sumedang konstruksinya mencapai 85,46 persen.

Seksi 3 dari Sumedang - Cimalaka konstruksinya sudah selesai 100 persen. Selanjutnya, pembangunan seksi 4-6 sudah mulai pekerjaan site clearing dan dijadwalkan selesai November 2021.

Baca Juga: Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran Bakal Kurangi Kepadatan Di JORR I

Beroperasinya seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu, nantinya akan mengurangi waktu tempuh dari Bandung ke Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang tadinya 3 jam menjadi 1 jam saja.

"Dengan konektivitas yang meningkat maka operasional bandara akan ikut semakin meningkat dan kompetitif, sehingga diharapkan bisa menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung," jelas Kementeriaan PUPR dalam pernyataannya.