POPULAR STORIES

Jalan Tol Ngawi Kertosono Seksi Ngawi-Wilangan Siap Dioperasikan

Jalan Tol Ngawi Kertosono seksi Ngawi-Wilangan Siap Dioperasikan Gerbang Tol Madiun

KabarOto.com - Jalan Tol Ngawi Kertosono seksi Ngawi-Wilangan sepanjang 52 km siap dioperasikan, karena telah mengantongi dua sertifikat untuk dapat mulai beroperasi, yakni Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol serta Sertifikat Laik Operasi.

Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol Nomor AJ.409/I/3/DJPD/2018 dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada tanggal 5 Maret 2018. Sementara itu, Sertifikat Laik Operasi dikeluarkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan nomor: JL.03.04-P/161 tertanggal 6 Maret 2018.

Sebelum diterbitkannya kedua sertifikat tersebut, Tim Evaluasi Laik Fungsi dan Laik Operasi Jalan Tol telah melakukan dua kali kunjungan lapangan.

Kunjungan lapangan ini ditujukan untuk memastikan terpenuhinya semua spesifikasi teknis, persyaratan serta fasilitas lalu lintas, dan perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol Ngawi Kertosono, agar sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Baca juga: Ini Kata Menhub Budi Karya Terkait Paket Kebijakan Tol Jakarta-Cikampek

Berdasarkan evaluasi dan observasi Tim Uji Laik, ruas jalan tol Ngawi Kertosono seksi Ngawi-Wilangan telah memenuhi persyaratan teknis sebagai jalan tol dan sebagai jalan yang terbuka bagi lalu lintas untuk umum.

Tim Evaluasi Laik Fungsi dan Laik Operasi tersebut terdiri dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), Korlantas Polri serta BPJT.

Jalan Tol Ngawi Kertosono
Jalan Tol Ngawi Kertosono

Untuk mendukung kesiapan operasi, PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ), kelompok usaha Jasa Marga selaku pengelola ruas Jalan Tol Ngawi Kertosono, telah melakukan uji peralatan tol yang dilakukan oleh Divisi Management Operasi PT Jasa Marga (Persero); PT Jasamarga Toll Road Operator (PT JMTO), selaku operator pelayanan transaksi dan lalu lintas dan PT Module Intrac Yasatama, selaku vendor peralatan tol yang berlangsung pada tanggal 13-14 Maret 2018.

Pengujian tersebut mencakup kesiapan 4 Gerbang Tol (GT) yaitu (GT) Ngawi (dioperasikan oleh PT JSN), GT Madiun, GT Caruban, dan GT Wilangan dalam melayani transaksi non tunai (cashless), yang juga disaksikan oleh pihak BI dan bank-bank peserta settlement transaksi (Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN & Bank Jatim).

Hasil pengujian menyatakan keempat pintu gerbang tol siap dioperasikan.

Jalan Tol Ngawi Kertosono
Jalan Tol Ngawi Kertosono

Iwan Moedyarno, Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya mengatakan, "Setelah keluarnya Sertifikat Laik Operasi, BPJT mengusulkan kepada Kementerian PUPERA untuk menerbitkan Surat Keputusan Menteri tentang Penetapan Tarif di ruas Jalan Tol Ngawi–Kertosono. Perhitungan besaran nilai tarif tol akan mempertimbangkan nilai investasi, kemampuan bayar pengguna jalan, serta besaran keuntungan biaya operasional kendaraan," jelasnya ketika dihubungi tim KabarOto, Selasa (20/03).

Selain itu, PT NKJ saat ini sedang menyelesaikan beberapa pekerjaan akhir agar persiapan peresmian dan pengoperasian dapat berjalan lancar dan sesuai standar yang ditetapkan.

Dengan segera dioperasikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, maka semakin menambah panjang daftar pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Jawa, yang terbentang dari Merak hingga Banyuwangi.