POPULAR STORIES

Jalur Pantura Dan Jalur Selatan Pemalang Macet, Polres Pemalang Berlakukan Buka-Tutup

Jalur Pantura dan Jalur Selatan Pemalang Macet, Polres Pemalang Berlakukan Buka-Tutup Foto: Tribatanews

KabarOto.com - Arus balik Lebaran sudah terlihat memuncak sejak H+3 atau Sabtu (08/06) lalu. Bahkan diperkirakan masih ada ratusan ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta nih Sob. Melihat adanya lonjakan volume kendaraan yang menuju Jakarta, terdapat berbagai kebijakan yang diterapkan.

Kebijakan yang diterapkan selama arus balik ini lebih banyak, dibandingkan dengan arus mudik. Seperti contraflow, one way, buka-tutup rest area, dan buka-tutup arus lalu lintas. Karena tidak hanya Jalan Tol Trans Jawa saja yang padat kendaraan.

Baca Juga: Diminati Pemudik, Konsumsi Pertamax Naik 96 Persen

Bahkan Jalur Pantura dan Jalur Selatan yang awalnya lebih sedikit dilalui pemudik, pada arus balik akhirnya menjadi salah satu alternatif. Ada pun kepadatan yang terjadi di beberapa persimpangan traffic light jalur pantura dan jalur selatan wilayah Kabupaten Pemalang.

Untuk mengantisipasi hal ini, Polres Pemalang memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai Kemacetan pada Sabtu (08/06). Beberapa persimpangan traffic light yang terpantau cukup padat diantaranya persimpangan Exit Tol Gandulan, Comal, Sirandu, Bantarbolang, dan Randudongkal.

Baca Juga: Buka Tutup Rest Area Tol Jakarta - Cikampek Dilakukan Situasional, Berikut Daftarnya

"Meningkatnya volume kendaraan menyebabkan kepadatan, namun dapat terurai dan tidak sampai terjadi kemacetan," jelas Kasat Lantas AKP Herdiawan Arifianto, S.H, S.I.K.

Pemberlakuan one way di Tol Trans Jawa bahkan saat ini lebih panjang, Kasat Lantas menjelaskan bahwa kendaraan yang masuk gerbang Tol Gandulan hanya untuk tujuan Jakarta. Mengingat jumlah kendaraan yang meninggalkan Ibu Kota mencapai 1,2 juta, sehingga dirasa akan membludak di Tol Trans Jawa.

"Meski demikian, masih terdapat beberapa pengendara tujuan Semarang yang berniat masuk jalur Tol. Di persimpangan Exit Tol Gandulan, petugas mengarahkan pengendara tujuan Semarang untuk melewati Jalur Pantura," terangnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Arus Balik, Pertamina Juga Antisipasi BBM Untuk Pemudik Lokal

Mengenai situasi arus balik di ruas pantura, dalam kota, dan jalur selatan, Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan kepadatannya hanya terjadi di persimpangan traffic light dan perlintasan kereta api sebidang.

"Arus lalu lintas di Pantura, dalam kota dan jalur selatan terpantau lancar. Polres Pemalang akan terus berupaya meminimalisir kemacetan dan kecelakaan agar terwujud mudik yang aman dan nyaman di wilayah Kabupaten Pemalang," paparnya.