POPULAR STORIES

Tidak Hanya Arus Balik, Pertamina Juga Antisipasi BBM Untuk Pemudik Lokal

Tidak Hanya Arus Balik, Pertamina juga Antisipasi BBM untuk Pemudik Lokal (Foto: Pertamina)

KabarOto.com - Memasuki hari Lebaran, kampung halaman akan ramai untuk berkumpul sanak keluarga. Momen ini juga dimanfaatkan untuk berwisata, apalagi bagi pemudik yang di Jawa Timur. Seperti data yang telah disebutkan, pemudik banyak yang pulang kampung ke wilayah ini.

Pada H+1 Lebaran, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V melakukan antisipasi terhadap kenaikan volume kendaraan di daerah Jawa Timur. Khususnya bagi pemudik lokal dan wisatawan yang berangkat setelah lebaran. Mengingat di Jawa Timur kaya akan lokasi wisata dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Baca Juga: Permintaan BBM Meningkat Di Jawa Timur, Pertamina Antisipasi Arus Balik

Seperti yang diketahui, beberapa titik di Jawa Timur yang diprediksi menjadi tujuan wisatawan diantaranya Kota Malang, Batu, Kediri, Banyuwangi, dan Surabaya. Pada lokasi inilah diprediksi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Gasoline akan meningkat. Kenaikannya pun di prediksi mencapai 15.000 kl atau 16% dari konsumsi normal.

Karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina melakukan persiapan untuk mengantisipasi arus wisata sekaligus arus balik di Jawa Timur. Seperti melakukan build up stock di SPBU-SPBU sekitar daerah wisata, serta memberikan fasilitas kredit kepada SPBU dengan term of payment sampai dengan 3 hari.

Hal lain yang cukup penting untuk dipikirkan adalah pendistribusian BBM ke SPBU. Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang akan menghambat distribusi mobil tangki, Pertamina mengoptimalkan penyaluran dari Terminal BBM ke SPBU lebih awal. Yaitu mulai dari jam 00.00 WIB, dan beroperasi selama 24 jam.

"Kami juga mengoptimalkan tim satuan tugas (Satgas) yang selalu monitor keadaan di lapangan, serta menyiagakan mobil tangki di 16 SPBU Kantong, diantaranya di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Batu, Malang, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember", jelas Rustam Aji, selaku Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus.

Baca Juga: Hasil Rakor, Ada 6 Poin Penting Untuk Arus Balik Nih Sob!

Pertamina juga memprediksi puncak arus wisata dan arus mudik ini akan terjadi mulai H+1 sampai H+4 Lebaran. Di mana hari-hari tersebut akan dimaksimalkan keluarga untuk berkumpul sebelum kembali bekerja.

Salah satu daerah wisata di Jawa Timur yang menarik wisatawan yaitu Malang. Untuk mengantisipasi kemacetan di tempat wisata seperti Malang dan Batu, Pertamina telah menyiapkan motoris siaga untuk menyalurkan BBM di kondisi kemacetan.

Baca Juga: Tol Pandaan-Malang Beroperasi, Surabaya Ke Malang Hanya 1,5 Jam

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM. Kami menghimbau kepada para wisatawan dan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik, untuk dapat mengisi penuh BBM di lokasi awal, untuk menghindari kepadatan pengisian BBM di rest area," tutup Rustam.