POPULAR STORIES

Hasil Rakor, Ada 6 Poin Penting Untuk Arus Balik Nih Sob!

Hasil Rakor, Ada 6 Poin Penting untuk Arus Balik Nih Sob! (Foto: Jasa Marga)

KabarOto.com - Akhirnya hari raya Idul Fitri yang ditunggu-tunggu datang juga nih Sob. Pemudik juga sudah berkumpul dengan keluarga untuk merayakan Hari Kemenangan dengan suka cita. Sejak lima hari lalu arus mudik sudah berhasil dilalui oleh pemudik, tandanya arus balik segera datang.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pemudik via jalan darat terutama pengguna jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Baca Juga: Pemudik Fokus Tol Trans Jawa, Jalur Selatan Juga Bisa Jadi Alternatif Loh

Rakor tersebut membahas Evaluasi Arus Mudik dan Persiapan Pelaksanaan Arus Balik Lalu Lintas Lebaran Tahun 2019. Rakor dihadiri oleh berbagai instansi terkait ini merupakan inisasi dari Kepala Korlantas Polri Refdi Andri.

Pada hari Senin lalu (03/06) PT Jasa Marga menggelar rakor yang diinisiasi oleh Kepala Korlantas Polri, Refdi Andri. Rakor ini dihadiri oleh instansi terkait untuk mengevaliasi pengaturan lalu lintas mudik Lebaran 2019.

"Setelah periode arus mudik yang telah kita lalui khususnya selama lima hari terakhir, sejak tanggal 30 Mei hingga hari ini (3 Juni 2019), ada masukan dan sumbang saran. Agar pada saat pelayanan arus balik masyarakat dari kampung halaman segala sesuatunya dapat kita persiapkan dengan baik, sama dengan arus mudik kemarin," jelas Refdi.

Baca Juga: Catat Nih Nomor-nomor Penting Selama Mudik

Enam poin sebagai hasil dari Rakor instansi tersebut yaitu:
1. Rambu-rambu di akses masuk rest area harus sudah terpasang sebelum pelaksanaan one way arus balik pada tanggal 7 Juni 2019.
2. Penambahan mobile toilet termasuk kanopi pelindung untuk antrean toilet harus dipenuhi sebelum tanggal 7 Juni.
3. Untuk mengantisipasi mobil mogok di jalan tol, diminta kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menambah mobil Layanan Jalan Tol (mobil patroli) dan menempatkan mobil derek serta menempatkan bengkel Agen Pemegang Merk (APM) di rest area tipe A sebelum tanggal 7 Juni 2019.
4. Menempatkan informasi call center bantuan emergency yang dapat dihubungi setiap saat, yang ditempatkan di bawah rambu dan tempat strategis.
5. Gerbang Tol (GT) Palimanan merupakan gerbang tol pembayaran cluster 2 dan tapping cluster 1, sehingga perlu adanya penambahan mobile reader dari 28 unit menjadi 38 unit dan EDC dari 2 menjadi 12 di GT Palimanan.
6. Waktu pelaksanaan one way tanggal 7 Juni s.d 10 Juni 2019 dimulai pukul 12.00 WIB s.d 24.00 WIB dari KM 414 GT Kalikangkung s/d KM 70 GT Cikampek Utama dan selanjutnya diberlakukan contraflow dari KM 70 s/d KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan diskresi Kepolisian.

Baca Juga: Mau Ganti Ban Sendiri? Begini Cara Gunakan Dongkrak

"Kami berharap dengan sosialisasi yang sudah disampaikan kepada masyarakat, maka masyarakat dapat mengatur perjalanan balik agar lebih baik lagi," tambahnya.