Mau Ganti Ban Sendiri? Begini Cara Gunakan Dongkrak

Mau Ganti Ban Sendiri? Begini Cara Gunakan Dongkrak Posisi titik tumpu dongkrak (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Semakin dekat dengan Hari Raya nih Sob, sudah persiapkan kendaraan dengan maksimal? Nah, jangan lupa untuk ketahui seluk beluk mobil sebelum digunakan untuk mudik. Hal ini penting loh, karena mengantisipasi keadaan di mana mobil bermasalah Sobat Kabaroto tidak perlu lagi bertanya di google.

Salah satu bagian penting yang harus diketahui adalah titik-titik dongkrak, supaya proses mendongkrak mobil tidak memakan waktu mencari titik tumpunya. Sebelumnya jangan lupa untuk ketahui lebih dulu letak dongkrak mobil sobat KabarOto.

Nah, cara mengetahui titik dongkrak paling mudah adalah dengan membaca di buku panduan bawaan mobil. Karena pabrikan pastinya sudah memberikan rangkuman mulai dari letak titik dongkrak, penggunaan, hingga melepaskan dongkrak ketika sudah selesai digunakan.

Baca Juga: Bagian Ini Tempat Simpan Dongkrak Mobil, Siapkan Sebelum Mudik

Posisi dongkrak biasanya ada di bagian belakang mobil, tepatnya di bawah lantai bagasi. Misalnya Honda CR-V dan Honda Jazz, dimana posisi dongkrak berdekatan dengan ban serep mobil. Sedangkan Honda BR-V posisinya ada di bagian belakang namun di sisi kanan, sehingga tidak perlu mengangkat lantai mobil.

Dongkrak BR-V

Ketika dongkrak masih di dalam mobil, biasanya dalam keadaan terkunci, namun tidak semua mobil memposisikan dongkrak dalam kondisi ini. Jika memiliki Honda BR-V, perlu menarik dari posisi. Tarik dahulu bagian dongkrak yang datar agar terlepas dari kait.

Baca Juga: Cek Komponen Kaki-Kaki Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik, Sob!

Dongkrak Mitsubishi Outlander

Sedangkan untuk pengguna Mitsubishi Outlander posisi dongkrak tidak terkunci, hanya di letakkan pada tempat khusus dongkrak di bagian bawah bagasi mobil. Bersebelahan dengan ban serep dan kunci-kuncian. Sehingga pengguna mobil ini hanya perlu mengangkatnya dari posisi tersebut.

Untuk mobil yang dongkraknya mengunci, dongkrak harus dikendurkan dulu. Caranya dengan memutar bagian ujung braket ke arah berlawanan jarum jam. Ketika sudah dipastikan kendur, sobat KabarOto bisa mengeluarkan dongkrak dengan posisi lurus ke atas.

Posisi dongkrak yang terkuncu, bagian braket (sebelah kanan) dikendurkan

Baca Juga: 11 Komponen Penting Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Ke Kampung Halaman

Setelah memasang pengganjal pada ban dan mengendurkan kunci mur roda, posisikan dongkrak tepat di bagian bawah tumpuan. Sobat Kabaroto bisa tengok ke kolong mobil dan mencari bagian yang agak tebal atau terdapat pelatnya. Biasanya posisi titik tumpu dongkrak berada di area terdekat ban.

Setelah memposisikan dongkrak ke titik tumpu, gunakan gagang dongkrak dan kunci mur untuk menaikkan kendaraan hingga ban yang bermasalah dapat terangkat dari permukaan tanah. Setelah dalam kondisi terangkat inilah Sobat Kabaroto bisa melepaskan mur pada roda dan melepaskan ban.

Pastikan dongkrak sudah pada posisi tumpu yang benar

Baca Juga: Nggak Cuma Kepala, Ban Juga Bisa Benjol Loh

Ketika sudah selesai proses mengganti ban dan sebagainya, jangan lupa untuk pindahkan dongkrak ke tempat semula. Cara menurunkan dongkrak hampir sama dengan menaikkan, yaitu putar kunci mur pada dongkrak ke arah berlawanan agar kendur dan turun.

Nah, untuk dongkrak yang bukan bawaan mobil biasanya disebut dengan dongkrak buaya. Dongkrak ini kegunaannya sama dan bisa dibeli di store yang menjual peralatan mobil. Sedikit berbeda dengan dongkrak bawaan, alat ini sudah disertai gagang untuk mengangkat dan mengunci.

Dongkrak buaya, bagian untuk menaikkan dongkrak

Ada dua bagian yang harus diketahui nih Sob, pertama bagian kecil yang berguna untuk mengunci atau mengendurkan dongkrak. Posisinya ada di sebelah bagian yang mirip pipa, di mana bagian ini berfungsi untuk menaikkan dongkrak.

Dongkrak buaya, bagian untuk mengunci dan mengendurkan dongkrak

Baca Juga: Mau Mudik Naik Motor? Ini Yang Harus Diperhatikan

Ketika Sobat Kabaroto ingin mengunci posisi dongkrak, gunakan gagang lepasan ke bagian yang kecil. Putar searah jarum jam untuk mengunci. Setelah dipastikan kuat, pindahkan gagang ke bagian yang seperti pipa. Untuk menaikkan dongkrak caranya seperti di pompa naik-turun, berbeda dengan dongkrak bawaan mobil yang di putar.

Untuk mengendurkan dongkrak yang sudah selesai digunakan, cara pindahkan ke bagian yang sebelumnya untuk mengunci. Putar bagian tersebut ke arah yang berlawanan, dongkrak akan turun secara otomatis.